Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Sarankan Vaksin Booster Covid-19 Disuntik 3 Bulan Setelah Dosis Pertama

Kompas.com - 24/12/2021, 21:31 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Perancis pada Jumat (24/12/2021) menyarankan, orang dewasa disuntik vaksin booster Covid-19 tiga bulan setelah mendapat dosis pertama.

Saran ini mengurangi pedoman sebelumnya yakni lima bulan untuk melawan varian Omicron dengan lebih baik.

Rekomendasi itu diterbitkan oleh otoritas kesehatan Perancis, HAS, yang memberi saran kepada pemerintah dalam upaya melawan Covid-19.

Baca juga: Perancis Mulai Wajibkan Warga Lansia Dapat Vaksin Booster Covid-19

Kasus Covid-19 di Perancis melonjak selama periode Natal karena Omicron yang menyebar lebih cepat daripada varian lain yang terlihat sejauh ini.

HAS juga merekomendasikan agar peluncuran booster diperluas untuk sekarang mencakup remaja yang dianggap berisiko, beberapa hari setelah Perancis membuka peluncuran vaksinasi untuk anak-anak berusia lima tahun ke atas.

Mereka membenarkan pemotongan rentang waktu menjadi tiga bulan dengan mengutip penelitian yang menunjukkan, vaksin 80 persen efektif selama satu hingga dua bulan terhadap gejala varian Omicron yang tidak serius, tetapi kehilangan efektivitasnya lebih cepat dibandingkan dengan varian sebelumnya.

Efektivitasnya turun menjadi hanya 34 persen empat bulan setelah vaksinasi dengan vaksin Pfizer, tetapi kemanjurannya meningkat menjadi 75 persen dua minggu setelah dosis booster, katanya dikutip dari AFP.

Perancis pada Kamis mencatat 91.608 kasus positif Covid, rekor sejak awal pandemi, melebihi angka tertinggi sebelumnya pada November 2020.

Namun, rekor jumlah tes sedang dilakukan dengan 6,2 juta dalam seminggu terakhir.

Tidak seperti beberapa negara Eropa lainnya, Presiden Emmanuel Macron sejauh ini menolak memberlakukan pembatasan baru untuk memerangi varian Omicron, dengan harapan program booster akan mencegah sistem kesehatan kewalahan.

Baca juga: Studi di AS: Tanpa Dosis Booster, Vaksin Covid-19 Kurang Efektif Lawan Omicron

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com