Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Covid-19 Varian Omicron Sudah Masuk Australia

Kompas.com - 28/11/2021, 20:03 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

SYDNEY, KOMPAS.com - Australia untuk kali pertama mendeteksi adanya Covid-19 varian Omicron pada Minggu (28/11/2021), pada dua penumpang yang dites setelah terbang dari selatan Afrika ke Sydney.

Otoritas kesehatan negara bagian New South Wales bagian timur mengatakan, mereka langsung melakukan pengujian genomik dan mengonfirmasi bahwa varian baru virus corona itu ada pada dua orang yang mendarat di Sydney pada Sabtu (27/11/2021).

Kedua penumpang itu berasal dari Afrika selatan dan tiba di Australia dengan penerbangan Qatar Airways melalui Doha, menurut keterangan NSW Health yang dikutip AFP.

Baca juga: WHO Lewatkan 2 Alfabet Yunani untuk Namai Varian Covid-19 Omicron, Ini Sebabnya...

Mereka dites positif Covid tak lama setelah tiba, yang mengarah ke analisis mendesak untuk kemungkinan infeksi varian Omicron yang sangat bermutasi.

"Dua kasus positif yang tidak menunjukkan gejala, diisolasi di fasilitas kesehatan khusus. Kedua orang tersebut sudah divaksinasi penuh," kata NSW Health.

Sebanyak 12 penumpang lainnya dari Afrika selatan pada penerbangan yang sama tidak dinyatakan positif Covid tetapi tetap dikarantina, katanya.

Sekitar 260 penumpang dan awak di pesawat juga telah diperintahkan untuk diisolasi, kata otoritas kesehatan.

Pesawat dengan penumpang yang terinfeksi itu mendarat pada hari yang sama ketika Australia mengumumkan larangan penerbangan dari sembilan negara di selatan Afrika, termasuk Afrika Selatan dan Zimbabwe.

Badan Kesehatan Dunia telah memasukkan Omicron sebagai varian yang mengkhawatorkan dan perlu beberapa minggu untuk mengetahui apakah ada perubahan signifikan dalam penularan, tingkat keparahan, atau implikasi untuk vaksin, tes, dan perawatan Covid-19.

Baca juga: Dokter Penemu Covid-19 Varian Omicron Sebut Gejalanya Tidak Biasa tapi Ringan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com