Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bobol Data Polri, Hacker 'son1x' Asal Brasil Diusut Bareskrim

Kompas.com - 18/11/2021, 17:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Editor

Penulis: Adhyasta Dirgantara/DetikNews via DW Indonesia

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang hacker asal Brasil yang menamakan dirinya 'son1x' mengeklaim telah membobol data Polri. 'son1x' menyatakan memiliki data pribadi dan rahasia para anggota Polri beserta orang-orang terdekatnya.

"Kebocoran ini berisi informasi pribadi dan kredensial pekerja Polri dan orang-orang yang terlibat dengannya," cuit son1x dalam foto yang dibagikan melalui akun Twitter-nya, @son1x666, dalam bahasa Inggris, Kamis (18/11/2021).

'son1x' mempersilakan setiap orang mengakses data pribadi anggota Polri yang dia bobol itu. Dia juga minta setiap orang tidak ragu menggunakan data tersebut.

Baca juga: Buru Hacker DarkSide, AS Tawarkan Hadiah Rp 143 Miliar

Lebih lanjut 'son1x' membeberkan alasan kenapa dirinya membobol data Polri. Akun itu menjelaskan dirinya tidak mendukung pemerintah Indonesia.

"Saya melakukan ini karena saya tidak mendukung pemerintah dan bagaimana mereka memperlakukan rakyatnya sendiri," tulisnya.

"Banyak orang Indonesia telah menghubungi saya berbicara tentang situasi kehidupan mereka di Indonesia. Jadi saya mengidentifikasi diri saya dengan mereka, dan memutuskan membantu dengan apa pun yang saya bisa. Jadi inilah alasan saya melakukan kebocoran ini," sambung akun itu.

Polisi incar pelaku peretasan

Menanggapi klaim pembobolan data tersebut, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyatakan Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim sedang mengusut kasus ini. Dedi akan memberi informasi lebih lanjut nanti.

"Ya, sedang ditangani oleh Dittipidsiber Bareskrim. Nanti kalau sudah ada update-nya diinfokan," ucap Dedi saat dihubungi, dikutip dari DW Indonesia.

Baca juga: Misteri Hilangnya Rp 8,8 Triliun Uang Kripto, Dikembalikan Hacker dengan Pesan Aneh

 

Artikel ini pernah dimuat di DW Indonesia dengan judul Bareskrim Usut Hacker Brasil 'son1x' yang Klaim Bobol Data Polri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com