Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian Suneung 9 Jam untuk Masuk Kampus Dimulai, Korsel Hening Seketika

Kompas.com - 18/11/2021, 08:13 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Keheningan melanda Korea Selatan pada Kamis (18/11/2021) ketika lebih dari 500.000 pelajar mengikuti ujian masuk universitas nasional.

Otoritas setempat pun menerapkan tindakan luar biasa untuk meminimalkan gangguan, karena ujian ini sangat penting.

Secara lokal dikenal sebagai "Suneung", ujian sembilan jam ini sangat penting tidak hanya untuk masuk universitas terkemuka, tetapi juga dianggap sebagai kunci peningkatan status sosial, karier yang menguntungkan, bahkan prospek pernikahan.

Baca juga: Sunyinya Korea Selatan saat 595.000 Murid Ikut Ujian Suneung

Tekanan besar pada siswa dalam sistem pendidikan ultra-kompetitif Korea Selatan kerap dituding sebagai biang depresi remaja, dan tingkat bunuh diri yang termasuk yang tertinggi di dunia.

Salah satu orangtua bercerita kepada AFP, dia ingin meredakan stres menjelang ujian 2021.

"Saya hanya ingin memberitahu putri saya bahwa saya bangga padanya karena telah bekerja sangat keras hingga saat ini dan bahwa tes ini, terlepas dari hasilnya, tidak menentukan siapa dia secara pribadi," ujar Koh Min-soon, ibu dari seorang peserta tes, kepada AFP, Rabu (17/11/2021).

Sejak tahun lalu, Covid-19 menambah tekanan pada siswa, orangtua, dan otoritas pendidikan.

Semua kelas menjadi online untuk peserta ujian dalam dua minggu menjelang tes, sementara para murid dan keluarga disarankan tinggal di rumah selama mungkin.

Lebih dari 509.000 siswa mengikuti tes tahun ini, kata Kementerian Pendidikan Korsel.

Sepanjang ujian yang dimulai pukul 08.40 pagi waktu setempat, para peserta diwajibkan memakai masker.

Korea Selatan adalah salah satu negara terbaik dalam vaksinasi Covid-19 - hampir 80 persen populasi telah divaksin dosis penuh - tetapi terjadi lonjakan kasus menjelang ujian.

Siswa ikut tes harus dites Covid-19, dan yang menunjukkan gejala harus mengikuti ujian di tempat yang ditentukan secara terpisah.

Sekitar 70 pelajar yang baru-baru ini dinyatakan positif virus corona akan mengikuti ujian di fasilitas medis, dengan meja dan kursi yang disiapkan khusus untuk mereka.

Baca juga: Ilmu Sapi Jadi Materi Ujian Nasional di India

Tindakan khusus selama tes Suneung

Pentingnya ujian Suneung tercermin dalam tindakan luar biasa yang diambil otoritas Korea Selatan untuk menghilangkan gangguan bagi peserta.

Kantor publik, bank, dan pasar saham buka satu jam lebih lambat dari biasanya untuk membantu meringankan lalu lintas dan memastikan siswa tiba tepat waktu untuk ujian.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com