Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Apes Joe Biden di Skotlandia, "Disambut" Orang Telanjang dan Telat Keluar Tol

Kompas.com - 06/11/2021, 15:20 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

GLASGOW, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mendapat pengalaman tak mengenakkan saat berkunjung ke Skotlandia guna menghadiri konferensi iklim COP26 Glasgow.

Jika biasanya kedatangan Presiden AS diikuti keriuhan massa, kali ini Biden "disambut" orang telanjang yang merekam atau memotretnya dengan ponsel.

Peristiwa langka itu terjadi saat iring-iringan mobil Biden bersama wartawan melaju dari ibu kota Skotlandia, Edinburgh, menuju Glasgow lokasi diadakannya KTT iklim COP26.

Baca juga: Biden Kritik Xi Jinping dan Putin karena Tak Hadir di COP26

"Suatu ketika kami masih berada di jalan pedesaan kecil, seorang pria Skotlandia besar telanjang berdiri di jendela mengambil gambar iring-iringan mobil dengan ponselnya," tulis laporan Scott Detrow dari National Public Radio.

Tidak diketahui apakah Biden melihat warga telanjang itu dari limusin lapis bajanya yang berjuluk "The Beast".

Pengalaman apes Biden di Skotlandia tidak berakhir di situ.

Dalam perjalanan kembali dari Glasgow ke Edinburgh untuk naik pesawat Air Force One pulang ke Washington, iring-iringan mobil Biden telat keluar tol sehingga harus putar balik.

Iring-iringan kepresidenan AS biasanya dipandu oleh polisi untuk menambah perlindungan, sehingga peristiwa salah jalan seperti ini sangat jarang terjadi.

Namun, AFP pada Selasa (2/11/2021) mewartakan, Skotlandia memang memiliki riwayat untuk dalam menyambut presiden "Negeri Paman Sam".

Pada 2016 Donald Trump disambut oleh band Mariachi Meksiko, Juan Direction, ketika tiba di bandara Glasgow Prestwick.

Pesta penyambutan dadakan itu diadakan setelah Trump mengusulkan pembangunan tembok di perbatasan selatan AS untuk mencegah masuknya migran Meksiko.

Baca juga: COP26 Glasgow, Biden Minta Maaf Trump Keluar dari Perjanjian Iklim Paris

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com