Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cleo, Bocah 4 Tahun yang Hilang 18 Hari di Australia, Ditemukan Masih Hidup

Kompas.com - 04/11/2021, 11:21 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

CARNARVON, KOMPAS.com - Bocah perempuan berusia empat tahun yang hilang dari perkemahan Australia selama 18 hari, Cleo Smith, ditemukan masih hidup dan sehat.

Cleo ditemukan di sebuah rumah yang terkunci pada Rabu (3/11/2021). Saat ditemukan petugas pencarian ia berkata, "Namaku Cleo".

Cleo Smith hilang dari tenda keluarganya di Australia Barat yang terpencil bulan lalu, memicu pencarian udara, laut, dan darat yang melibatkan 100 petugas dan sejumlah sukarelawan.

Baca juga: Gadis 4 Tahun Ditemukan Selamat Setelah Hilang Hampir 3 Pekan

Banyak yang khawatir pencarian akan berakhir dengan tragedi, tetapi setelah penggerebekan malam di sebuah rumah di kota pesisir Carnarvon, yang jaraknya tak jauh dari tempat dia menghilang, polisi mengumumkan gadis kecil itu ditemukan sendirian dan masih hidup.

"Salah satu pria melompat ke depan saya dan menjemputnya," kata detektif Cameron Blaine, salah satu dari empat penyelamat yang memasuki rumah sekitar pukul 01.00 dini hari waktu setempat.

Blaine mengatakan, dia menanyakan nama gadis kecil itu tiga kali sebelum mendapat jawaban yang membuat lega, "Namaku Cleo."

Cleo kemudian dipertemukan kembali dengan orangtuanya di rumah sakit beberapa waktu kemudian.

Ibunya, Ellie, mengungkapkan kelegaannya di media sosial. "Keluarga kami utuh kembali," tulis caption-nya dengan foto Cleo.

Foto dari Kepolisian Australia Barat memperlihatkan Cleo Smith (4) melambaikan tangannya saat duduk di ranjang rumah sakit, Rabu (3/11/2021), di Carnarvon, Australia Barat. Cleo hilang selama 18 hari dari tenda perkemahan keluarganya di area terpencil Australia Barat, dan ditemukan masih hidup serta sehat.WESTERN AUSTRALIA POLICE via AP Foto dari Kepolisian Australia Barat memperlihatkan Cleo Smith (4) melambaikan tangannya saat duduk di ranjang rumah sakit, Rabu (3/11/2021), di Carnarvon, Australia Barat. Cleo hilang selama 18 hari dari tenda perkemahan keluarganya di area terpencil Australia Barat, dan ditemukan masih hidup serta sehat.
Polisi kemudian merilis foto gadis cilik yang berseri-seri di ranjang rumah sakit sambil memegang es loli, melambai, dan tersenyum.

"Ini sangat jarang. Ini sesuatu yang kita semua harapkan di hati kita, dan itu menjadi kenyataan," kata wakil komisaris polisi Col Blanch dikutip dari AFP.

Seorang pria lokal berusia 36 tahun ditahan dan dikatakan membantu penyelidikan. Dia diperkirakan akan didakwa pada Rabu malam (3/11/2021).

Polisi bulan lalu menawarkan imbalan 1 juta dollar Australia (Rp 10,67 miliar) untuk informasi yang mengarah pada penemuan Cleo, setelah dia dikhawatirkan diculik dari perkemahan Blowholes yang terpencil - sekitar 1.000 kilometer utara Perth - pada 16 Oktober.

Penculikan Cleo diyakini tidak direncanakan dan karena ada kesempatan.

Tersangka tidak ada dalam daftar pelanggar seks lokal dan baru menjadi person of interest (orang yang mungkin terlibat dalam kasus ini, tetapi belum didakwa dengan kejahatan apa pun) sehari yang lalu.

Baca juga: Polisi Australia: Tersangka Penculikan Cleo Smith Bertindak Sendiri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com