Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Afghanistan yang Selamat dari Bom Bunuh Diri Kabul Akhirnya Bersatu dengan Ibunya di Inggris

Kompas.com - 31/10/2021, 18:13 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber The Sun

LONDON, KOMPAS.com - Balita Afghanistan yang dijuluki "Malaikat Kabul" karena selamat dari bom bunuh diri di bandara telah dipersatukan kembali dengan ibunya di Inggris.

Mohammed Raza, bayi 2 tahun terpisah dengan keluarganya di Afghanistan saat orang-orang berebut untuk melarikan diri Taliban yang mengambil alih negara pada Agustus.

Melansir The Sun pada Sabtu (30/10/2021), ia mengalami beberapa operasi di perutnya setelah pecahan bom merobek tubuh mungil.

Baca juga: Bayi Afghanistan yang Lahir di Pesawat Evakuasi AS Dinamai Reach, Sesuai Kode Penerbangan

Saat itu pihak medis memperkirakan bahwa peluang hidup bayi Afghanistan korban ledakan bom bunuh diri itu mungkin hanya 30 persen.

Pada Jumat (29/10/2021), bayi Afghanistan tersebut tiba di Inggris dengan penerbangan RAF yang didukung oleh petugas medis.

Ibu bayi Afghanistan, Basbibi (19 tahun) menahan air mata saat bisa bertemu kembali dengan bayinya. Ia berkata, “Saya tidak mengira hari ini akan datang juga."

“Saya sangat berterima kasih kepada The Sun pada Minggu dan Pemerintah Inggris karena akhirnya mengembalikannya kepada saya," ucap Basbibi. Pada Minggu, The Sun menemukan bayi Afghanistan, Mohammed Raza, di rumah sakit.

“Saya tidak pernah berhenti menangis ketika saya dipisahkan dari bayi saya. Mengetahui bahwa saya tidak bisa berada di sana untuk membantunya adalah yang terburuk," ujar ibu muda tersebut.

Baca juga: Hanya Dibantu Awak Pesawat Evakuasi, Pengungsi Afghanistan Lahirkan Bayi di Ketinggian 30.000 Kaki

“Ketika bom pertama kali meledak, saya takut dia meninggal, tetapi saya diberitahu bahwa saya harus pergi.”

Ayah Mohammed Miraj (22 tahun) dan kakek Sultan (48 tahun) meninggal dan 6 keluarga dikhawatirkan hilang dalam ledakan yang menewaskan 187 orang.

Basbibi naik pesawat RAF ke Dubai beberapa saat setelah bom di bandara Kabul meledak. Dia sampai Inggris dan telah tinggal bersama kerabat Shakrullah dan Mansoor.

Bayi Afghanistan Mohammed Raza mendarat di Brize Norton, Oxon, setelah diberi izin medis untuk penerbangan 11 jam dari negara yang dirahasiakan.

“Saya sangat senang bahwa kami akhirnya dapat mulai membangun kembali kehidupan kami, kali ini di negara yang telah memberi kami begitu banyak,” ucap Basbibi.

Baca juga: FOTO: Tentara AS Gendong Bayi dan Bantu Anak-anak Saat Evakuasi dari Afghanistan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com