Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Lockdown 4 Juta Orang di Kota Lanzhou akibat Covid-19 Merebak Lagi

Kompas.com - 26/10/2021, 16:07 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

LANZHOU, KOMPAS.com - China pada Selasa (26/10/2021) me-lockdown kota Lanzhou yang berpenduduk empat juta orang dalam rangka meredam lonjakan kasus Covid-19 domestik.

Para warga diperintahkan untuk tidak meninggalkan rumah kecuali dalam keadaan darurat.

Para pejabat menambahkan, masuk dan keluarnya penduduk akan dikontrol secara ketat dan terbatas pada pasokan penting atau perawatan medis.

Baca juga: Covid-19 di China Merebak Lagi dari Klaster Wisatawan, Ratusan Penerbangan Dibatalkan

Penyebaran Covid-19 di China yang terbaru terkait dengan varian Delta. Penghitungan terkini yang dilaporkan AFP mencapai 198 kasus sejak 17 Oktober.

Pejabat kesehatan memperingatkan, lebih banyak kasus mungkin muncul ketika pengujian ditingkatkan dalam beberapa hari mendatang untuk memerangi wabah, yang dikaitkan dengan sekelompok turis domestik.

Sementara itu, di Beijing, dilaporkan tiga kasus baru pada Selasa (26/10/2021), akses ke lokasi wisata dibatasi dan penduduk disarankan untuk tidak meninggalkan kota kecuali keperluan mendesak.

Beberapa kompleks perumahan di ibu kota juga di-lockdown, dan maraton yang diperkirakan akan diikuti 30.000 pelari juga ditunda.

Otoritas setempat pun bertekad membasmi wabah terbaru karena Olimpiade Musim Dingin semakin dekat, yaitu sekitar 100 hari lagi.

Pengujian massal sedang berlangsung di 11 provinsi. Pihak berwenang pun menangguhkan kelompok wisata antar-provinsi di lima daerah di mana kasus-kasus terdeteksi, termasuk Beijing.

Sebagai tanda betapa seriusnya Beijing menangani wabah itu, polisi kota meluncurkan tiga investigasi kriminal atas dugaan pelanggaran keamanan Covid, kata wakil direktur biro keamanan publik kota itu pada Minggu (24/10/2021).

Sebelumnya, kota Lanzhou dan sebagian Mongolia Dalam telah menangguhkan layanan bus dan taksi.

Baca juga: Atasi Klaster Covid-19 dari Wisatawan, China Akan Tes 35.000 Orang di Beijing

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com