Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Senior Al-Qaeda Tewas dalam Serangan Drone AS di Suriah

Kompas.com - 23/10/2021, 10:18 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Seorang pemimpin senior Al-Qaeda tewas dalam serangan drone Amerika Serikat (AS) di Suriah, kata Pentagon pada Jumat (22/10/2021).

Serangan itu terjadi dua hari setelah sebuah pangkalan di Suriah selatan, yang digunakan oleh koalisi pimpinan AS yang memerangi kelompok ISIS, diserang.

"Sebuah serangan udara AS hari ini di barat laut Suriah menewaskan pemimpin senior Al-Qaeda Abdul Hamid Al-Matar," kata juru bicara Komando Pusat (Centcom) Mayor John Rigsbee dikutip dari AFP.

Baca juga: Salim Abu-Ahmad, Pejabat Al-Qaeda Disebut telah Dibunuh Militer AS di Idlib Suriah

Tidak ada korban yang diketahui dari serangan itu, katanya, seraya menambahkan bahwa penyerangan dilakukan dengan menggunakan pesawat MQ-9.

"Tewasnya pemimpin senior Al-Qaeda ini akan mengganggu kemampuan organisasi teroris untuk melanjutkan plot dan melakukan serangan global," lanjut Rigsbee.

Pada akhir September, Pentagon membunuh Salim Abu-Ahmad, komandan senior Al-Qaeda lainnya di Suriah, dalam serangan udara di dekat Idlib di barat laut negara itu.

Dia bertugas merencanakan, mendanai, dan menyetujui serangan Al-Qaeda trans-regional, menurut Centcom.

"Al-Qaeda terus menjadi ancaman bagi Amerika dan sekutu kami. Al-Qaeda menggunakan Suriah sebagai tempat yang aman untuk membangun kembali, berkoordinasi dengan afiliasi eksternal, dan merencanakan operasi eksternal," ujar Rigsbee.

Perang yang sedang berlangsung di Suriah menciptakan medan perang kompleks yang melibatkan tentara asing dan milisi.

Perang Suriah menewaskan sekitar setengah juta orang sejak dimulai pada 2011 dengan tindakan keras brutal terhadap protes anti-pemerintah.

Baca juga: Pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri yang Dirumorkan Tewas Muncul Lagi, Singgung Afghanistan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com