Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berjasa Mempererat Hubungan Indonesia-Jepang, 6 Orang Ini Dapat Penghargaan dari Kedubes Jepang

Kompas.com - 16/10/2021, 10:15 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Rilis

KOMPAS.com – Sebanyak enam orang mendapat penghargaan Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia karena dianggap berjasa dalam mempererat hubungan persahabatan dan saling pengertian antara Indonesia dan Jepang selama bertahun-tahun.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji memberikan penghargaan kepada enam orang tersebut pada Jumat (15/10/2021).

Melalui rilis yang diterima Kompas.com dari Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, berikut keenam orang yang mendapat penghargaan.

Baca juga: Iklim Jepang: Kondisi, Musim, dan Bahayanya

Anita Firmanti, Mantan Sekretaris-Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia

Setelah bergabung dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Anita menjabat di beberapa pos penting.

Beberapa pos yang dia jabat di antaranya adalah Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Kementerian PUPR serta Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian PUPR.

Dia turut mempromosikan kerjasama perekonomian antara Jepang dan Indonesia ketika menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR sejak 2016 hingga Desember 2020.

Anita, yang meraih gelar doktor dari Universitas Kyoto, merupakan sosok yang paham betul tentang Jepang.

Ketika bencana gempa bumi mengguncang Sulawesi Tengah pada 2018, Anita menunjukkan kepemimpinan yang kuat dengan mengkoordinasikan berbagai ditjen dan untuk kerja sama Official Development Assistance (ODA).

Dengan demikian, Anita dianggap turut mempromosikan proyek ODA antara Jepang dan Indonesia.

Baca juga: Mengenal Tamahagane, Logam Khusus Pembuat Samurai Jepang

Mendiang Kafadho, Asisten Chef di Kediaman Resmi Duta Besar Jepang

Mendiang Kafadho bertugas sebagai Asisten Chef di Kediaman Resmi Duta Besar Jepang sejak 10 November 1994.

Dia telah bekerja selama hampir 27 tahun dan rencananya akan memasuki masa pensiun pada tahun 2022. Namun, Kafadho berpulang pada 3 Juli 2021.

Sejak mulai bertugas, Kafadho selalu bekerja keras untuk meningkatkan keterampilan memasak melalui upaya tidak kenal lelah setiap harinya.

Hal ini berkontribusi besar pada aktivitas diplomatik Jepang dalam menyajikan keramahtamahan kepada sejumlah tamu penting seperti Presiden Republik Indonesia, para menteri kabinet Jepang dan Indonesia, serta para anggota parlemen dan lain-lain.

Baca juga: Legenda Izanagi dan Izanami yang Ciptakan Pulau-pulau di Jepang

Kobi Yoshihiro, Presiden PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk

Sejak Kobi Yoshihiro terlibat dalam pengembangan kawasan industri MM2100 pada 1989, dia bekerja keras dalam pengembangan kawasan industri tersebut selama lebih dari 30 tahun.

Pada 2011, Yoshihiro memprakarsai kerja sama dengan perusahaan-perusahaan Jepang di kawasan industri MM2100 untuk mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di sana.

Halaman:
Sumber Rilis
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com