Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Guru di Inggris Khawatir Bocah-bocah SD Peragakan Adegan Kekerasan Film Squid Game

Kompas.com - 16/10/2021, 06:56 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber BBC

LINCOLN, KOMPAS.com - Guru-guru di Inggris khawatir bocah-bocah SD 6 tahun ingin menirukan adegan permainan dari film thriller Netflix "Squid Game".

Sekolah-sekolah di Inggris telah memperingatkan orang tua murid untuk memeriksa pengaturan perangkat internet mereka karena banyak laporan tentang anak-anak yang menonton Squid Game, seperti yang dilansir dari BBC pada Sabtu (16/10/2021).

Serial film Korea Selatan yang sukses itu mempertontonkan sejumlah karakter yang saling berkompetisi dalam sebuah permainan, di mana yang kalah akan mati.

Baca juga: 6 Masalah di Korea Selatan yang Disorot dalam Squid Game

Seorang kepala sekolah mengatakan bahwa film permainan yang dibaluti adegan kekerasan itu "sama sekali tidak cocok" untuk ditonton bocah-bocah SD.

Gareth Nichols, kepala sekolah dari SD Sir Francis Hill di Lincoln mengatakan "sekelompok bocah di sekolah yang berumur sekitar 6 tahun" diketahui ada yang mendiskusikan tentang film Squid Game dan berencana "memperagakan beberapa adegan".

Nichols mengatakan guru kelas dari bocah-bocah itu "segera menghubungi orang tua untuk membuat mereka sadar".

"(Guru-guru) juga telah menyarankan orang tua untuk memeriksa pengaturan pada perangkat mereka karena murid dapat mengakses dan melihat acara itu tanpa sepengetahun orang tua mereka," lanjut kepala sekolah tersebut.

SD Welton di Brough, East Yorkshire, mengatakan bahwa guru-guru di sana sadar bahwa Squid Game telah ditonton bocah-bocah kelas 3 sampai 6, sehingga mengirimkan peringatan kepada orang tua mereka.

Baca juga: Korea Utara Pakai Squid Game untuk Propaganda, Singgung Moral Korea Selatan

Film berseri Squid Game yang tayang di Netflix telah ditayangkan di 90 negara telah dilabeli layak ditonton untuk pemirsa berusia 15 tahun ke atas, dan memiliki peringatan adanya konten seks, kekerasan, dan bunuh diri.

Film Squid Game menceritakan tentang kontestan yang kekurangan uang memainkan permainan seperti kelereng, tarik tambang, dan lampu merah, lampu hijau untuk memberikan kesempatan memenangkan uang tunai.

Namun jika gagal dalam permainan yang berlangsung, kontestan akan dibunuh sungguhan.

"Meskipun beberapa 'permainan' yang digambarkan dapat dilihat sebagai adaptasi dari permainan tradisional, konsekuensi kekerasan dari kegagalan tidak pantas untuk pemirsa yang lebih muda," kata Nichols.

"Saya dengan sepenuh hati akan mendukung peringkat 15 yang diberikan untuk film itu," ujarnya.

"Saya akan sangat menyarankan semua orang tua untuk mengecek dan mengawasi apa yang anak-anak mereka tonton di rumah, untuk menjaga mereka aman dari materi (kekerasan) tersebut," tandas kepala sekolah tersebut.

Baca juga: Terjemahan Squid Game di Netflix Jadi Kontroversi karena Kurang Pas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com