Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netizen Heboh, Kim Jong Un Punya “Kapten Korea Utara” Berseragam Biru Ketat

Kompas.com - 13/10/2021, 20:17 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AP

SEOUL, KOMPAS.com - Seorang tentara Korea Utara terlihat mengenakan pakaian biru super ketat di sebuah foto media pemerintah dan menimbulkan kehebohan di media sosial.

Beberapa netizen memanggilnya “seorang pahlawan super,” “Kapten Korea Utara,” atau “manusia roket”, menurut laporan AP pada Rabu (13/10/2021).

Baca juga: Korea Utara Pakai Squid Game untuk Propaganda, Singgung Moral Korea Selatan

Dia termasuk di antara hampir 30 tentara yang berpose untuk foto dengan pemimpin Kim Jong Un selama pameran sistem senjata pada Senin (11/10/2021). Korea Utara menerbitkan foto-foto acara tersebut pada hari berikutnya.

Mereka semua kebanyakan mengenakan seragam hijau zaitun, warna paling umum untuk seragam militer Korea Utara.

Tapi dua tentara paling kanan menonjol dengan warga seragam berbeda. Satu dengan pakaian biru terang dan yang lainnya dengan seragam biru laut, yang tidak biasa.

Sementara Kim Jong Un mengenakan setelan jas berwarna gelap.

Baca juga: POPULER GLOBAL: 5 Kota Teraman di Dunia Pasca-pandemi | Rahasia Sumber Kekayaan Pemimpin Korea Utara

Orang-orang menonton layar TV yang menampilkan gambar pemimpin Korea Utara Kim Jong Un selama program berita di Stasiun Kereta Api Seoul di Seoul, Korea Selatan, Selasa, 12 Oktober 2021.AP PHOTO/AHN YOUNG-JOON Orang-orang menonton layar TV yang menampilkan gambar pemimpin Korea Utara Kim Jong Un selama program berita di Stasiun Kereta Api Seoul di Seoul, Korea Selatan, Selasa, 12 Oktober 2021.

Beberapa pengguna Twitter di Korea Selatan, AS dan di tempat lain bercanda tentang penampilan baru tentara Korea Utara itu.

Netizen mengatakan dia terlihat seperti "bola meriam manusia", atau Kapten Korea Utara setara Captain America ala Marvel.

Yang lain menyebutnya sebagai “pahlawan super”, “Kapten DPRK”, akronim resmi untuk Korea Utara.

Ada juga yang menyebutnya “manusia roket”, atau anggota pasukan antariksa Korea Utara (yang sejatinya tidak ada).

Media pemerintah Korea Utara tidak mengidentifikasi pria itu. Tetapi Jeffrey Lewis, seorang ahli di Middlebury Institute of International Studies di Monterey, dalam unggahan di Twitter mengatakan bahwa "Sepertinya dia penerjun payung."

Baca juga: Pembelot Sebut Operasi Mata-mata Korea Utara di Kantor Kepresidenan Korea Selatan

Foto-foto Korea Utara lainnya menunjukkan Kim menonton sekelompok jet terbang dalam formasi selama pertunjukan udara menjelang pameran.

Kantor Berita Pusat Korea resmi mengatakan "penerjun payung kelas atas menunjukkan keterampilan mendarat, mengibarkan bendera pesta merah di langit" sebelum upacara pembukaan pameran.

Foto-foto pertunjukan udara sebelumnya di Korea Utara menunjukkan penerjun payung mengenakan pakaian ketat berwarna biru yang serupa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com