Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Baik, Indonesia Keluar dari Kategori "Red List" Inggris

Kompas.com - 08/10/2021, 15:28 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Indonesia resmi keluar dari kategori "Red List" Inggris mulai Senin (11/10/2021) pukul 04.00 waktu setempat.

Kabar tersebut diumumkan oleh Menteri Perhubungan Inggris Grant Shapps pada Kamis (7/10/2021) pukul 17.00 waktu setempat.

“Dikeluarkannya Indonesia dari kategori "Red List" ini merupakan hasil dari lobi yang dilakukan oleh Menlu RI Retno Marsudi saat bertemu dengan Menlu Inggris Liz Truss di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York pada 20 September 2021,” demikian disampaikan Duta Besar RI untuk Inggris, Irlandia, dan IMO, Desra Percaya dari London, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Banyak Hoaks Soal Covid-19 di Indonesia, Hati-hati Terima Informasi

Desra Percaya menambahkan keputusan ini juga sebagai bentuk pengakuan dari Pemerintah Inggris atas langkah-langkah Pemerintah Indonesia dalam mengatasi Covid-19 dan kemajuan di dalam negeri.

Sebelum pengumuman, Desra Percaya telah bertemu dengan Duta Besar Sarah Cooke dari Kemlu Inggris dan memperoleh informasi lebih awal perihal akan dikeluarkannya Indonesia dari kategori "Red List".

“Komunikasi awal yang saya terima dari Dubes Cooke ini menunjukkan hubungan baik KBRI London dengan Kemlu Inggris,” imbuhnya.

Dengan perkembangan baru ini, KBRI London mengimbau masyarakat Indonesia untuk terus memantau kebijakan perjalanan internasional Inggris melalui situs web resmi Pemerintah Inggris GOV.UK, serta situs web dan media sosial KBRI London.

Baca juga: Foto Babak Belur Reynhard Sinaga, Pelaku Pemerkosaan Terbesar Inggris, Dirilis ke Publik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com