Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Taliban Kuasai Afghanistan: Cara Indonesia Cegah "Teroris Kambuhan"

Kompas.com - 07/10/2021, 18:50 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai antisipasi dampak Taliban kuasai Afghanistan terhadap Indonesia, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Densus 88 terus melakukan upaya deradikalisasi terhadap para narapidana teroris (napiter).

Namun, mencegah munculnya "teroris kambuhan" ini tidak mudah dan butuh proses panjang, apalagi jika ada momentum seperti Taliban yang kembali menguasai Afghanistan.

Deputi Bidang Pencegahan dari BNPT, Muhammad Suaib Tahir, memaparkan ada tiga tahap yang dilalui untuk melakukan deradikalisasi terhadap napiter di dalam lapas maupun di luar.

Baca juga: Dampak Taliban Menguasai Afghanistan dan Strategi Diplomatik Indonesia

Ketiga tahap itu adalah reedukasi, rehabilitasi, dan reintegrasi.

Masalahnya, ada beberapa orang yang sudah mengikuti program deradikalisasi, tetapi ketika ada situasi yang mendorong untuk melakukannya lagi, keinginan untuk melakukan tindakan radikal kembali muncul.

"Banyak di antara mereka yang sebenarnya sudah menyatakan sadar atau apa dan lain sebagainya, menandatangani surat tentang pernyataan cinta NKRI, patuh kepada Undang-undang Dasar dan lain sebagainya... tetapi kadang ada situasi lain yang menghendaki demikian mereka kadang tertarik lagi untuk itu."

Deputi Bidang Pencegahan dari BNPT, Muhammad Suaib Tahir, dalam webinar Berkuasanya Taliban di Afghanistan: Apa Pengaruhnya terhadap Indonesia? yang diadakan oleh The Habibie Center pada Selasa (5/10/2021).YOUTUBE THE HABIBIE CENTER Deputi Bidang Pencegahan dari BNPT, Muhammad Suaib Tahir, dalam webinar Berkuasanya Taliban di Afghanistan: Apa Pengaruhnya terhadap Indonesia? yang diadakan oleh The Habibie Center pada Selasa (5/10/2021).
"Ketika ada hal-hal yang digoreng oleh masyarakat kita di media sosial, kadang mereka ini tertarik untuk kembali melakukan tindakan sebagaimana sebelumnya," terangnya dalam webinar Berkuasanya Taliban di Afghanistan: Apa Pengaruhnya terhadap Indonesia? yang diadakan oleh The Habibie Center pada Selasa (5/10/2021).

Suaib Tahir menambahkan, ada yang ingin memanfaatkan situasi agar lebih dikenal di antara anggotanya, dan mereka bisa mendapat perhatian dari pemerintah.

Baca juga: 7 Oktober 2001: AS Mulai Perangi Taliban, Buru Osama bin Laden

Mantan anggota JI akui deradikalisasi BNPT berhasil

Mantan ketua wilayah timur Jemaah Islamiyah (JI), Nasir Abbas, dalam webinar :Berkuasanya Taliban di Afghanistan: Apa Pengaruhnya terhadap Indonesia? yang diadakan oleh The Habibie Center pada Selasa (5/10/2021).YOUTUBE THE HABIBIE CENTER Mantan ketua wilayah timur Jemaah Islamiyah (JI), Nasir Abbas, dalam webinar :Berkuasanya Taliban di Afghanistan: Apa Pengaruhnya terhadap Indonesia? yang diadakan oleh The Habibie Center pada Selasa (5/10/2021).
Meski prosesnya rumit, deradikalisasi yang dilakukan BNPT dan Densus 88 menurut mantan ketua wilayah timur Jemaah Islamiyah (JI), Nasir Abbas, sudah berhasil.

Indikator keberhasilan dilihat dari sedikitnya napiter yang kambuh melakukan tindakan radikal.

"Menurut saya, deradikalisasi yang dilakukan Densus dan BNPT itu berhasil. Kalaupun ada yang kambuh, itu cuma satu dua. Tolong jangan digeneralisasi."

"Nanti ditangkap lagi yang dideradikalisasi lagi, begitulah prosesnya," ujar Nasir Abbas yang kini menjadi pengamat teroris.

Sementara itu, Imron Rasyid dari The Habibie Center menambahkan, "Yang perlu kita pertimbangkan juga bahwa upaya melakukan pencegahan, antisipasi, itu harus sesuai koridor hukumnya. Jangan sampai eksesif membuat berbagai pihak terkena dampak dari penanganan."

Baca juga: Taliban Berhenti Bayar Listrik, Afghanistan Terancam Kembali ke Abad Kegelapan

Cara Densus 88 cegah terorisme

Direktur Pencegahan Densus 88 Anti Teror, Kombes Pol M Rosidi, dalam webinar Berkuasanya Taliban di Afghanistan: Apa Pengaruhnya terhadap Indonesia? yang diadakan oleh The Habibie Center pada Selasa (5/10/2021), YOUTUBE THE HABIBIE CENTER Direktur Pencegahan Densus 88 Anti Teror, Kombes Pol M Rosidi, dalam webinar Berkuasanya Taliban di Afghanistan: Apa Pengaruhnya terhadap Indonesia? yang diadakan oleh The Habibie Center pada Selasa (5/10/2021),
Pencegahan munculnya tindak terorisme dari momentum Taliban kuasai Afghanistan juga dilakukan Densus 88, antara lain melakukan penangkapan, terus memantau jaringan terorisme, dan bekerja sama dengan Kementerian Agama.

"Bahkan untuk tahun 2021 ini sampai bulan Agustus, Densus 88 telah melakukan penangkapan yang cukup besar terhadap pelaku teror, kurang lebih 335 orang," ungkap Direktur Pencegahan Densus 88 Anti Teror, Kombes Pol M Rosidi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com