Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbatasan China-India Tegang Lagi, Sejumlah Besar Tentara Disiagakan

Kompas.com - 03/10/2021, 18:41 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

NEW DELHI, KOMPAS.com - Panglima militer India pada Sabtu (2/10/2021) mengatakan, China mengirim pasukan ke perbatasan mereka yang disengketakan dalam jumlah yang cukup besar.

Untuk menanggapinya, India juga mengerahkan tentara dengan jumlah yang sama ke perbatasan tersebut menurut pemberitaan AFP.

Ketegangan tinggi antara dua negara bersenjata nuklir ini adalah lanjutan dari bentrokan di Lembah Galwan yang strategis pada Juni 2020.

Baca juga: Lembah Galwan, Kawasan Tinggi dan Sangat Dingin, Mengapa Diperebutkan?

Setelah konflik tersebut, India dan China mengerahkan puluhan ribu pasukan tambahan ke Lembah Galwan yang terletak di Ladakh, Himalaya.

Kemudian dalam ketegangan terbaru, Jenderal Manoj Mukund Naravane mengatakan kepada wartawan di Ladakh, bahwa kehadiran pasukan China di sepanjang perbatasan 3.500 kilometer itu meningkat dalam jumlah yang cukup besar dan menjadi masalah yang memprihatinkan.

Naravane berkata, militer India sedang membangun pasukannya di sepanjang perbatasan sebagai tanggapan.

"Kami juga mengerahkan persenjataan canggih. Kami kuat, cukup siap untuk menghadapi segala kemungkinan," katanya seperti dikutip surat kabar Times of India.

India dan China sudah mengadakan pembicaraan militer tingkat tinggi sejak bentrokan pada Juni 2020, dan Naravane menyebut pertemuan lain diharapkan terlaksana minggu depan.

Baca juga: Terungkap, Inilah Bangunan Baru yang Didirikan China di Lembah Galwan

Komentarnya muncul beberapa hari setelah juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, menuduh tentara India secara ilegal melintasi perbatasan ke wilayah China.

Akan tetapi, tuduhan tersebut menurut India tidak memiliki dasar fakta.

Media lokal pekan lalu melaporkan, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, bahwa hampir 100 tentara China melintasi perbatasan ke negara bagian Uttarakhand selama beberapa jam pada akhir Agustus.

India dan China, yang terlibat dalam perang perbatasan besar pada 1962, sejak lama saling menuduh berupaya menduduki wilayah di sepanjang perbatasan tidak resmi mereka, yang dikenal sebagai Garis Kontrol Aktual.

Baca juga: Secara Sepihak, China Klaim Lembah Galwan yang Diperebutkan dengan India

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com