Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan BTS di Panggung PBB tentang Generasi Muda dan Pandemi Covid-19

Kompas.com - 21/09/2021, 17:22 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber YouTube

NEW YORK CITY, KOMPAS.com - Majelis Umum PBB ke-76 di New York menarik banyak perhatian dengan kehadiran grup pop global asal Korea Selatan, BTS, pada Senin (20/9/2021).

Di panggung PBB Presiden Korea Selatan Moon Jae In memperkenalkan BTS sebagai utusan khusus presiden dan "kelompok pemuda luar biasa yang terhubung dengan anak muda di seluruh dunia".

Video yang menampilkan pidato Moon Jae In dan BTS di PBB pada Selasa (21/9/2021) sudah menarik 1,9 juta penonton di saluran Youtube PBB.

"Sebelum kami datang ke sini, kami bertanya kepada anak-anak muda usia remaja dan 20 tahunan tentang 2 tahun terakhir mereka dan tentang tempat mereka berada saat ini," kata RM, pemimpin grup pria itu.

Ada pun poin-poin penting dalam pidato BTS menyoroti 2 tahun terakhir kondisi dunia yang dihadapi para generasi muda, yaitu sebagai berikut:

Baca juga: Karena Taliban, ARMY Afghanistan Sembunyikan atau Bakar Album BTS Mereka

1. Generasi Covid-19

"Saya pernah mendengar bahwa orang-orang di usia belasan dan 20-an hari ini disebut sebagai generasi yang hilang karena Covid-19," kata Jungkook.

Sebab, terdapat banyak momen perayaan yang dinanti, seperti upacara penyambutan ajaran baru sekolah dan wisuda, terpaksa dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Banyak di antara mereka juga merasakan frustasi karena banyaknya kabar duka datang dari pandemi Covid-19.

Namun, RM mengatakan bahwa masih banyak juga generasi muda yang menaruh perhatian dan tak menyerah untuk mencari solusi untuk masalah lingkungan bumi saat ini dan yang akan datang.

"Jadi, saya harap kita tidak hanya menganggap masa depan sebagai kegelapan yang suram," kata V. "Saya pikir kita tidak boleh bicara ini seperti akhir."

Banyak generasi muda saat ini berusaha beradaptasi dengan kondisi sulit dari pandemi Covid-19. Jimin mengatakan mereka mencoba mencari hal-hal baru untuk mendapatkan solusi dari kesulitannya.

Menurut Suga, selalu ada yang bisa dilakukan untuk mencari solusi masalah. Meski, "Akan ada pilihan yang kita buat yang mungkin tidak sempurna, tapi bukan berarti tidak akan ada yang bisa kita lakukan," ungkap Suga.

"Saya pikir itu sebabnya dari pada 'generasi yang hilang', nama yang lebih tepat adalah 'generasi penyambutan'," sambung Jin tentang generasi muda dunia di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Karena alih-alih takut akan perubahan, generasi muda ini mengatakan 'selamat datang' dan terus maju," ujarnya.

Baca juga: 4 Sosok Ini Berani Kritik BTS dan Langsung Diserang ARMY

2. Pentingnya vaksinasi Covid-19

"Banyak dari Anda bertanya-tanya apakah kami telah divaksinasi...ya kami bertujuh," ujar J-hope.

Halaman:
Sumber YouTube
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com