Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2021, 09:49 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

SACRAMENTO, KOMPAS.com - Video rambut keluar dari kuburan tua menjadi viral dan menghebohkan media sosial, serta memantik berbagai teori dugaan penyebabnya.

Dalam video di TikTok yang hingga Senin (20/9/2021) telah mendapat 2 juta views itu, tampak sejumlah rambut seperti milik manusia keluar dari celah makam yang diyakini berusia 100 tahun.

Perekamnya adalah Joel Morrison (37), yang tak sengaja menemukannya saat mengunjungi Pemakaman Katolik Saint Joseph di Sacramento, negara bagian California, Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Video Viral Rambut Keluar dari Kuburan Tua, Perekamnya sampai Ketakutan

“Ketika saya pertama kali melihatnya, saya terkejut – saya tidak yakin apa yang saya lihat itu nyata,” kata Joel Morrison kepada Jam Press tentang temuan rambut keluar dari kuburan tua.

"Tetapi setelah diamati lebih dekat, saya tahu itu pasti rambut manusia yang keluar dari kuburan," lanjutnya dikutip dari Daily Mail, Jumat (17/9/2021).

@kaitlynnerbeznik

My brother found this disturbing bit of hair while on an adventure to a cemetery! #t#umbleweave #c#emetery #c#orpse #g#rave #g#ross #w#tf #o#mg

? original sound - Kaitlynn Erbeznik

Merasa bingung sekaligus ngeri dengan apa yang dilihatnya, Morrison kemudian mencoba mencari penyebab rambut keluar dari kuburan tua itu.

Menurut analisisnya, beberapa makam di situ rusak akibat tumbuhnya akar pohon dan perilaku hewan. Hal itu ia perlihatkan dengan merekam kondisi di sekeliling lokasi rambut keluar dari kuburan tua.

Dia percaya kejadian alami tersebut menyebabkan bagian dalam kuburan bergeser mendekati permukaan.

Morrison lalu merasa tidak enak untuk anggota keluarga dari orang yang meninggal, karena khawatir tentang pemeliharaan kuburan.

@kaitlynnerbeznik

Part 2 of the tumbleweave saga. I guess the groundskeeper just shoved it back in the crack! ##tumbleweave ##cemetery ##grave ##wtff ##dead ##hair ##gross

? original sound - Kaitlynn Erbeznik

"Setelah pemeriksaan lebih lanjut, saya lihat ada banyak kuburan lain yang rusak akibat tupai dan hewan-hewan lain, serta ditumbuhi pohon yang merusak makam juga nisan," imbuhnya.

“Sepertinya ada pohon besar yang sangat dekat dengan makam/kuburan dan akar-akar pohon itu tumbuh ke dalam kuburan, merusak pembatas beton dan adukan batu bata, mungkin mengangkat jasad," terangnya.

“Kemudian begitu kuburan dibuka, tupai, tikus, dan hewan apa pun bebas masuk dan keluar," tambahnya.

"Sepertinya mereka mencoba bersarang di rambut manusia."

Baca juga: 2 Minggu Setelah Dikubur, Wanita Ini Tiba-tiba Pulang ke Rumah dengan Kondisi Sehat

Teori netizen soal rambut keluar dari kuburan tua

Berbeda pendapat dengan analisis Joel Morrison, beberapa netizen di kolom komentar video viral itu menuliskan teorinya tentang penyebab rambut keluar dari kuburan tua.

Ada yang menduga fenomena rambut keluar dari kuburan tua terjadi karena bencana alam yang menyebabkan jenazah bergerak di kuburan mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com