Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilanda Isu Perpecahan, Para Pemimpin Taliban Adu Mulut di Istana Kepresidenan Afghanistan

Kompas.com - 15/09/2021, 17:52 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

KABUL, KOMPAS.com - Baru saja berkuasa, jajaran kepemimpinan Taliban sudah bersitegang dalam menentukan pemerintahan baru di Afghanistan, ungkap para pejabat senior Taliban kepada BBC.

Perselisihan antara salah satu pendiri Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar, dan seorang anggota kabinet terjadi di dalam istana presiden, kata mereka.

Ada laporan yang belum bisa dikonfirmasi atas silang pendapat di dalam pimpinan Taliban, sejak Baradar menghilang dari publik dalam beberapa hari.

Baca juga: Sebulan Kuasai Afghanistan, Taliban Dihantui Berbagai Masalah

Namun perseteruan di tubuh Taliban ini secara resmi dibantah.

Taliban menguasai Afghanistan bulan lalu, dan sejak itu menyatakan negara ini sebagai "Negeri Islam".

Kabinet sementara seluruhnya diisi oleh laki-laki, dan terdiri dari tokoh senior Taliban. Sebagian dari mereka terkenal atas serangan terhadap pasukan AS selama dua dekade terakhir.

Susunan kepemimpinan Afghanistan bentukan TalibanBBC INDONESIA Susunan kepemimpinan Afghanistan bentukan Taliban

Salah satu sumber dari Taliban mengatakan kepada BBC Pashto, bahwa Baradar dan Khalil ur-Rahman Haqqani - menteri urusan pengungsi sekaligus tokoh terkemuka dalam jaringan militan Haqqani - saling adu mulut, dan para pengikut mereka bertikai satu sama lain.

Anggota senior Taliban yang berbasis di Qatar dan seorang yang terlibat dengan perseteruan itu semua membenarkan bahwa perseteruan itu terjadi akhir pekan lalu.

Baca juga: Taliban Berterima Kasih kepada Negara-negara yang Berjanji Kirim Bantuan ke Afghanistan

Sumber BBC mengatakan, adu mulut terjadi karena Baradar, wakil perdana menteri yang baru, tidak senang dengan struktur pemerintahan sementara ini.

Dikatakan, bahwa perseteruan itu berawal dari perdebatan mengenai siapa yang paling berjasa atas kemenangan di Afghanistan.

Dari informasi yang diterima BBC, Baradar meyakini kemenangan atas Afghanistan berasal dari peran diplomasi yang dilakukan oleh orang-orang seperti dirinya.

Di sisi lain, anggota kelompok Haqqani - yang dipimpin tokoh Taliban paling senior - dan para pendukungnya, mengatakan kemenangan ini dicapai melalui pertempuran.

Sementara itu, kekuatan jaringan Haqqani dikaitkan dengan beberapa serangan paling mematikan terhadap pasukan pemerintah Afghanistan sebelumnya yang bersekutu dengan Barat dalam beberapa tahun terakhir. Organisasi ini oleh AS ditetapkan sebagai kelompok teroris.

Baca juga: Rumor Perpecahan Taliban Menyeruak, Mullah Baradar Diisukan Tewas dalam Baku Tembak

Pimpinannya, Sirajuddin Haqqani, saat ini menjabat sebagai menteri dalam negeri Afghanistan yang baru di bawah rezim Taliban.

Desas-desus tetang kejatuhan telah menyebar sejak akhir pekan lalu, ketika Baradar menghilang dari publik. Ada spekulasi di media sosial kalau dia mungkin sudah tewas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com