Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Israel Temui Presiden Mesir, Kunjungan Pertama dalam 10 Tahun Lebih

Kompas.com - 14/09/2021, 11:51 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KAIRO, KOMPAS.com - Perdana Menteri Israel Naftali Bennett bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fattah El Sisi pada Senin (13/9/2021).

Itu adalah kunjungan pertama PM Israel ke Mesir selama lebih dari 10 tahun.

El Sisi menjamu Bennett di resor Laut Merah Sharm El Sheikh untuk membahas upaya menghidupkan kembali proses perdamaian antara Israel dan Palestina, ujar juru bicara kepresidenan Mesir, Bassam Radi, dikutip dari AFP.

Baca juga: Taliban Ingin Jalin Hubungan dengan Berbagai Negara, Kecuali Israel

Mesir, negara terpadat di Arab, pada 1979 menjadi negara Arab pertama yang menandatangani perjanjian damai dengan Israel, setelah berpuluh-puluh tahun bermusuhan.

Pada Mei, "Negeri Piramida" tersebut memainkan peran kunci dalam menengahi gencatan senjata antara Israel dan kelompok Hamas di Palestina yang menguasai Jalur Gaza, setelah 11 hari pertempuran mematikan.

Mesir juga rutin menjamu para pemimpin Hamas serta saingan politiknya, Otoritas Palestina yang dipimpin oleh Mahmud Abbas, sambil mempertahankan hubungan diplomatik, keamanan, dan ekonomi yang kuat dengan Israel.

Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid pada Minggu (12/9/2021) mengusulkan perbaikan kondisi kehidupan di Gaza dan membangun infrastruktur baru dengan imbalan ketenangan dari Hamas, yang bertujuan menyelesaikan kekerasan.

Namun, "Itu tidak akan terjadi tanpa dukungan dan keterlibatan mitra Mesir kami dan tanpa kemampuan mereka untuk berbicara dengan semua orang yang terlibat", katanya.

Baca juga: Fakta Unik Mesir Kuno, dari Raja Wanita hingga Obat Tak Lazim

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com