Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mnet Berulah Lagi, Remix Adzan untuk Pembuka Acara Survival Dance

Kompas.com - 09/09/2021, 14:54 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Mnet kembali mengundang kecaman dari masyarakat setelah diduga melakukan remix adzan untuk latar musik pembukaan acara survival dance Korea Selatan "Street Woman Fighter".

Saat ini, di media sosial Twitter tengah ramai dengan tagar #Mnetapologize, #MNETDisrespectAdzan, #ADZANBUKANMAINAN.

Tagar tersebut ramai setelah sejumlah penonton yang beragama Muslim menyadari bahwa musik pembuka acara survival dance Korea Selatan itu adalah potongan adzan, panggilan untuk Muslim ibadah shalat.

Baca juga: 11 Juli 1995: Pembantaian Srebrenica Tewaskan Ribuan Muslim Bosnia

Musik yang diduga remix adzan itu menjadi latar mantan anggota Wanna One Kang Daniel membuka acara, yang menampilkan 8 kru tari wanita saling berkompetisi menang.

Salah satu warganet yang menyadari potongan suara adzan remix itu men-tweet, "Adzan bukan lagu estetik. Cabut lagu itu, ciptakan intro baru. Anda mempercepat dan mencampur adzan. Ini adalah penghinaan".

Warganet tersebut juga mengunggah video dirinya berbahasa Melayu yang menerangkan kesalahan Mnet dan menyerukan warganet lainnya meramaikan tagar #Mnetapologize.

Ada pun warganet lainnya yang mengatakan, "Saya hanya ingin bilang: 'Jahanam menunggumu'" disertai tagar tagar #Mnetapologize, #MNETDisrespectAdzan.

Baca juga: Israel Ingin Jalin Hubungan dengan Indonesia dan Negara Muslim Asia Tenggara Lainnya

"Tolong Mnet...#Mnetapologize, #MNETDisrespectAdzan terserah lagu apa yang Anda remix...kami tidak peduli sama sekali, tetapi ini Adzan, adalah melodi indah kami...tidak perlu untuk remix...tolong," ungkap warganet lainnya.

"Adzan adalah doa bagi Muslim, adzan bukan musik atau candaan. Anda punya otak untuk berpikir kan?" tandas lainnya.

Warganet lain berkata, "Menunggu @MnetKR minta maaf!! AGAMA SAYA DATANG PERTAMA!! Jangan gunakan adzan sebagai hiburan! ADZAN BUKAN MUSIK! Minta maaf SEKARANG!!!! Ganti intro!" yang disertai tagar #Mnetapologize #MNETDisrespectAdzan.

Ini bukan kasus pertama Mnet menunjukkan sikap yang tidak pantas terhadap pihak lain dalam siarannya.

Masih ingat dalam siaran pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 pada Agustus lalu, Mnet menampilkan gambar tragedi Chernobyl untuk merepresentasikan Ukraina, menggunakan gambar kerusuhan untuk Haiti, Salmon untuk Norwegia, dan Pizza untuk Italia. 

Baca juga: Jaringan TV Korea Selatan Minta Maaf Setelah Pakai Ikon dan Keterangan Tak Pantas dalam Olimpiade Tokyo 2020

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com