Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Istri Jean-Pierre Adams, Rawat Suami dalam Koma selama 39 Tahun

Kompas.com - 08/09/2021, 18:42 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber CNN

PARIS, KOMPAS.com - Hidup Jean-Pierre Adams dan keluarga seketika jungkir balik pada 1982, ketika bintang sepak bola Perancis itu harus terus berbaring dalam koma pasca menjalani operasi rutin untuk lututnya.

Dalam insiden 39 tahun yang lalu tersebut, pesepakbola yang saat itu berusia 34 tahun, menjalani perawatan di rumah sakit Lyon.

Setelah itu dia tidak akan pernah lagi berbicara, berjalan atau menggerakkan anggota tubuhnya, hingga wafat pada usia 73 tahun pada Senin (6/9/3032).

Baca juga: POPULER GLOBAL: Mantan Bintang Sepak Bola Meninggal Setelah 39 Tahun Koma | Dokter Putuskan Tolak Rawat Pasien Tidak Vaksin Covid-19

Istrinya Bernadette merawatnya sejak 39 tahun lalu. Wanita itu hampir tidak melewatkan satu hari perawatan suaminya di kamar rumahnya, yang dilengkapi dengan tempat tidur modifikasi yang biasa ditemukan di rumah sakit.

"Tidak ada yang pernah lupa untuk memberikan hadiah untuk Jean-Pierre, apakah itu ulang tahunnya, Natal atau Hari Ayah," kata Bernadette melansir CNN pada Selasa (7/9/2021).

"Kami membeli hadiah seperti T-shirt atau jumper karena saya mendandaninya di tempat tidurnya -- dia berganti pakaian setiap hari," istrinya menjelaskan di rumah keluarga dekat Nimes, di selatan Perancis, tempat Bernadette merawat Jean- Pierre.

"Aku akan membelikan barang-barang agar dia bisa mendapatkan kamar yang bagus, seperti seprai yang cantik, atau beberapa wewangian."

Pasca bencana operasi yang menimpanya, Jean-Pierre tidak mampu melakukan hampir semua gerakan secara sukarela. Tetapi dia masih dapat mencerna makanan, serta membuka dan menutup matanya.

Baca juga: Pasien Covid-19 Melahirkan Saat Koma, Baru Bertemu Bayinya 75 Hari Kemudian

Bernadette merawat suaminya dengan cinta yang tak pernah putus.

Wanita itu mendandani, memberi makan dan memandikannya, membalikkannya di tempat tidurnya untuk menghindari luka, dan sering kali kehilangan waktu tidurnya untuk memastikan suaminya mendapatkan kebutuhannya.

Pada suatu kesempatan yang langka, saat Bernadette menghabiskan malam jauh dari rumah, penjaga Jean-Pierre melihat suasana hatinya tampaknya berubah.

"Dia merasa bahwa bukan saya yang memberinya makan dan merawatnya," kata istrinya yang sudah berusia 52 tahun. "Perawat yang memberi tahu saya, mengatakan dia tidak sama.

"Kurasa dia merasakan sesuatu. Dia pasti mengenali suaraku juga."

Baca juga: Kritikus Kremlin, Navalny Unggah Foto Turun Tangga di Instagram Setelah Sadar dari Koma

Awal yang tak mudah

Jean-Pierre, bertemu Bernadette di sebuah pesta dansa, pada akhir 1960-an. Dia saat itu masih pesepakbola amatir.

Sebagai pasangan berbeda ras di masa itu, hubungan keduanya mendapat banyak tantangan. "Pada saat itu, seorang pria kulit hitam dan seorang wanita kulit putih yang bersama tidak dianggap baik.”

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com