Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertukar Jadi Miskin Saat Lahir, Wanita Kaya Arab Saudi Dapat Ganti Rugi Rp 7,6 Miliar

Kompas.com - 05/09/2021, 21:11 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

MEKKAH, KOMPAS.com - Seorang perempuan dari keluarga kaya di Arab Saudi mendapat kompensasi 2 juta riyal Saudi (Rp 7,6 miliar), karena tertukar saat lahir sehingga dibesarkan keluarga miskin.

Selama lebih dari 30 tahun lamanya perempuan ini dibesarkan bukan oleh keluarga kandungnya, sedangkan keluarganya sendiri membesarkan anak si keluarga miskin.

Insiden bayi tertukar ini terjadi di rumah sakit yang dikelola pemerintah di Mekkah, menurut surat kabar Al Watan.

Baca juga: Kisah Mencekam Bidan Iblis di Jepang, Bunuh Ratusan Bayi Tak Berdosa

Perawat yang memandikan bayi-bayi baru lahir salah mengembalikan kedua bayi dari keluarga kaya dan miskin tadi.

Diberitakan Middle East Monitor pada Rabu (1/9/2021), perempuan yang tak disebut namanya dan kini berusia 35 tahun tersebut menyadari ada yang tidak beres setelah tumbuh dewasa.

Ia merasa dirinya berbeda dari keluarganya, mulai dari warna kulit, karakter, budaya, pendidikan, hingga standar hidup dan selera.

Rasa penasaran lalu mendorongnya melakukan tes DNA untuk melihat garis keturunan, tak lama setelah dia menikah dengan kerabat dari keluarga non-biologisnya dan melahirkan seorang putra.

Setelah mengetahui bahwa dia ternyata tidak sedarah dengan suaminya, perempuan tersebut menghubungi rumah sakit tempatnya lahir.

Baca juga: 2 Bayi Tertukar Sejak Lahir, Temui Kebenaran Setelah 38 Tahun

Catatan rumah sakit lalu mengungkap identitas saudara perempuan kandungnya, tetapi ibunya sudah meninggal sebelum mengetahui kebenaran tentang bayi tertukar ini, bahkan belum sempat bertemu dengannya.

Pengadilan Umum di Mekkah memutuskan bahwa tidak mungkin menilai skala rasa sakit dan kekecewaan yang harus diderita orangtua dan perempuan itu, karena mereka kehilangan kesempatan menikmati hubungan orangtua-anak untuk selamanya.

Perempuan lain yang terlibat dalam bayi tertukar ini juga diberikan 1,7 juta riyal Saudi (Rp 6,46 miliar) sebagai kompensasi oleh pengadilan administrasi di Jeddah.

Baca juga: 13 Bulan Dirawat Rumah Sakit, Bayi Terkecil di Dunia Akhirnya Diperbolehkan Pulang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com