Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantongi Rp 304 Miliar, Bos AstraZeneca Jadi CEO dengan Gaji Tertinggi di Inggris

Kompas.com - 19/08/2021, 20:16 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Kepala Eksekutif AstraZeneca, Pascal Soriot, menjadi CEO dengan pendapatan tertinggi di Inggris pada 2020 berkat vaksin Covid-19 perusahaannya yang laris manis.

Hasil survei lembaga High Pay Center yang dirilis pada Kamis (19/8/2021) mengungkapkan, tahun lalu Soriot mengantongi pemasukan 15,45 juta poundsterling (Rp 304,8 miliar).

Soriot menempati posisi teratas juga karena efek dari gaji para kepala eksekutif lainnya di Inggris yang dipotong selama pandemi Covid-19.

Baca juga: Carina Joe, Ilmuwan Indonesia Salah Satu Pemilik Hak Paten Vaksin AstraZeneca

High Pay Center pun memaparkan, banyak bisnis mengalami kerugian tinggi akibat lockdown, sehingga para CEO perusahaan besar di London gaji tahunannya rata-rata turun 17 persen.

Namun, bos AstraZeneca, Pascal Soriot, berhasil meraup 15,45 juta pounds atau 50 persen lebih banyak dari urutan kedua, Brian Cassin, CEO di grup pemeringkat kredit Experian.

High Pay Center lalu mengampanyekan penyempitan kesenjangan yang besar antara bayaran CEO dan upah pekerja biasa di Inggris.

"Gaji CEO yang sangat tinggi mencerminkan kesenjangan lebih lebar antara kaya dan miskin di Inggris daripada di sebagian besar negara Eropa lainnya," kata Direktur High Pay Center, Luke Hildyard, dikutip dari AFP.

"Ketidaksetaraan yang diekspos oleh pandemi dan volume uang publik yang digunakan untuk melindungi bisnis besar, dapat memperkuat argumen untuk langkah-langkah menahan gaji tertinggi dan menyeimbangkan kembali perbedaan pendapatan yang ekstrem," lanjutnya

Baca juga: Inggris Sumbang 100 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca ke Seluruh Dunia, Indonesia Termasuk

Halaman:
Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com