Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Malaysia Muhyyiddin Yassin Dikabarkan Mengundurkan Diri pada Senin

Kompas.com - 15/08/2021, 12:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com – Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin dikabarkan akan mengajukan pengunduran diri kepada Raja Malaysia Sultan Abdullah Ahmad Shah pada Senin (16/8/2021).

Kabar itu disampaikan Menteri di Departemen Perdana Menteri Malaysia bidang Penugasan Khusus Mohd Redzuan Md Yusof sebagaimana dilansir Malaysia Kini.

Redzuan menuturkan, keputusan itu disampaikan Muhyiddin saat bertemu dengan para petinggi Partai Bersatu di markas Perikatan Nasional pada Minggu (15/8/2021) pagi waktu setempat.

Baca juga: PM Muhyiddin Yassin Bakal Bertemu Raja Malaysia, Sinyal Mengundurkan Diri?

Sementara itu sejumlah pemimpin senior Partai Bersatu terlihat tiba di markas Perikatan Nasional di mal Publika, Kuala Lumpur, pada Minggu pagi waktu setempat.

Melalui Twitter, kantor berita nasional Bernama TV menunjukkan beberapa anggota partai tiba di depan mal sebelum pukul 09.00.

Di antara mereka terdapat Menteri Komunikasi dan Multimedia Saifuddin Abdullah dan Menteri Perumahan dan Pemerintah Daerah Zuraida Kamaruddin tiba sekitar pukul 08.50.

Penasihat khusus Muhyiddin sekaligus wakil presiden Bersatu Ahmad Faizal Azumu tiba beberapa menit kemudian. Sedangkan Muhyiddin tiba pada pukul 09.15.

Baca juga: PM Malaysia Disebut Tak Lagi Punya Legitimasi, Kehilangan Dukungan Partai Sekutu dan Oposisi

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, Seorang menteri senior mengatakan, pengumuman resmi akan dibuat setelah Muhyiddin bertemu dengan Sultan Abdullah di Istana Negara.

Dia mengatakan Muhyiddin teguh pada pendiriannya untuk mundur. Pasalnya, dia merasa tidak memiliki pilihan lain karena tidak lagi mendapat dukungan dari mayoritas Parlemen.

Posisi Muhyiddin juga tidak dapat dipertahankan setelah oposisi menyuarakan penolakan langsung terhadap tawaran reformasinya.

Beberapa tokoh yang bertemu dengan Muhyiddin bersedia memberikan informasi dengan syarat anonym sebagaimana dilansit The Star.

Baca juga: Terancam Lengser, PM Malaysia Muhyiddin Yassin Cari Dukungan Oposisi

Tokoh-tokoh ini menuturkan bahwa Muhyiddin memang bersedia untuk mengundurkan diri.

Alasannya adalah karena Muhyiddin tidak memiliki suara mayoritas untuk mempertahankan jabatannya.

“Namun, kami perlu menemukan opsi kami untuk penggantinya jika dia memutuskan untuk melakukan itu,” kata seorang pemimpin partai yang enggan disebutkan identitasnya dan partainya.

Baca juga: Mengaku Enggan Pertahankan Kekuasaan, Muhyiddin Yassin Janji Gelar Pemilu Malaysia Juli 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com