Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengirim Amplop Berisi Peluru ke Paus Fransiskus Diidentifikasi

Kompas.com - 10/08/2021, 21:25 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Polisi menyatakan, mereka berhasil mengidentifikasi pengirim surat berisi peluru ke Paus Fransiskus.

Harian Corriere della Sera melaporkan, si pelaku sudah diketahui Kepolisian Vatikan karena pernah mengirim surat kepada Paus sebelumnya.

Baca juga: Tiga Peluru Dikirim ke Paus Fransiskus dalam Amplop Berprangko Perancis

Sementara identitas si tersangka tidak diumumkan, kepolisian menerangkan mereka kini melakukan pengawasan ketat terhadapnya.

Pada Senin (9/8/2021), polisi Italia mengungkapkan ada amplop dengan perangko Perancis berisi tiga butir peluru Flobert 9 mm.

Dilansir RT, amunisi itu ditemuan bersama sepucuk surat yang isinya memaparkan mengenai situasi finansial yang dihadapi Vatikan.

Surat tersebut dikirim dengan alamat "Paus Fransiskus, Vatican City, Lapangan Santo Petrus di Roma". Takhta Suci enggan mengomentari insiden itu.

Penemuan amplop tersebut bertepatan dengan dugaan penyalahgunaan wewenang, penggelapan, dan pencucian uang yang disidangkan Juli lalu.

Sebanyak 10 orang dituduh menyalahgunakan dana amal gereja untuk melakukan investasi berisiko tinggi real estate di London, Inggris.

Para terdakwa termasuk Kardinal Giovanni Angelo Becciu, mantan pejabat di Sekretariat Dalam Negeri Vatikan.

Becciu, yang membantah tuduhan tersebut, menjadi pejabat tertinggi Takhta Suci yang dijerat dakwaan kejahatan finansial.

Baca juga: Paus Fransiskus Serukan Orang-orang untuk Istirahat dan Matikan Ponselnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com