Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Bantah Jadi Pelaku Serangan Kapal Tanker Minyak Seperti yang Dituduhkan Israel

Kompas.com - 01/08/2021, 17:32 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber AFP

TEHERAN, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri Iran pada Minggu (31/7/2021) membantah "tuduhan tak berdasar", setelah Israel menuduhnya menjadi pelaku serangan kapal tanker minyak di lepas pantai Oman.

Pada Jumat (30/7/2021), seorang pejabat keamanan Israel mengatakan bahwa yakin Iran berada di balik serangan terhadap kapal tanker minyak Israel, tanpa memberikan bukti apa pun.

Baca juga: Kapal Tanker Minyak Diserang di Lepas Pantai Oman Tewaskan Dua Awak, Israel Tuduh Iran

"Rezim Zionis...harus menghentikan tuduhan tidak berdasar, dan ini bukan pertama kalinya mereka menudruh semacam itu ke Iran," ujar juru bicara Saeed Khatibzadeh dalam konferensi pers yang dilansir dari AFP pada Minggu (1/8/2021).

Khatibzadeh mengatakan tuduhan musuh bebuyutannya itu "terkutuk", dan "Iran tidak akan ragu dalam momen ini untuk mempertahankan...kepentingan dan keamanan negara".

Baca juga: Profil Pemimpin Dunia: Hassan Rouhani, Presiden Iran

MT Mercer Street, kapal tanker minyak yang dikelola oleh miliarder terkemuka Israel, Eyal Ofer, mendapatkan serangan pada Kamis (29/7/2021) di lepas pantai Oman.

Pada Jumat (20/7/2021), Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid mengatakan dia telah memerintahkan diplomat negara untuk mendorong tindakan PBB melawan "terorisme Iran".

Dua anggota awak tewas dalam insiden yang disebut oleh militer AS dan operator kapal Israel adalah serangan dari pesawat tak berawak.

Baca juga: Serang Israel di Suriah Tewaskan 5 Militan Pro-Iran

Operator kapal, Zodiac Maritime, mengatakan seorang penjaga keamanan Inggris dan seorang anggota awak Rumania tewas dalam serangan itu.

Pihak Zodiac Maritime mengatakan bahwa kapal tanker minyak Israel itu sedang melakukan perjalanan dari Dar es Salaam di Tanzania ke Fujairah di Uni Emirat Arab tanpa kargo, sebelum tiba-tiba diserang.

Baca juga: Drone AS Hancurkan Truk Milisi yang Didukung Iran, Diduga Angkut Senjata

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com