Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlet Lompat Galah AS Positif Covid-19, Atlet Olimpiade Lain Takut "Efek Domino"

Kompas.com - 30/07/2021, 07:46 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

TOKYO, KOMPAS.com - Dua pelompat galah, termasuk juara dunia AS, Sam Kendricks, telah dinyatakan positif Covid-19 di Olympic Village.

Dilansir Guardian, hal ini meningkatkan kekhawatiran akan potensi efek domino di kalangan atlet.

Ayah Kendricks, Scott, menyampaikan berita di Instagram bahwa putranya telah menjadi atlet paling terkenal yang dites positif.

Tak lama kemudian pelompat galah lainnya, pemain Argentina German Chiaraviglio, mengungkapkan bahwa dia juga keluar dari Olimpiade setelah tes positif.

Baca juga: Kata Ginting soal Tersingkirnya Momota dari Olimpiade Tokyo 2020

Akibat hal ini, ke-63 tim atletik Australia pun segera dikurung di kamar mereka, tetapi kemudian diumumkan bahwa mereka semua telah diizinkan melakukan aktivitas.

Tapi, tidak ada anggota tim yang terpapar.

Pekan lalu, tim diperingatkan bahwa siapa pun yang dites positif harus mengasingkan diri selama 14 hari di fasilitas karantina di luar desa sebelum terbang pulang.

Sementara itu, di akun Instagram, Scott Kendricks yang diwakili ayahnya mengatakan:

“Dia merasa baik-baik saja dan tidak memiliki gejala. Love you kid. Sampai berjumpa lagi."

Baca juga: Isu Doping Atlet Pesaing Windy Cantika Aisah, Apa Itu Doping dan Risikonya?

Komite Olimpiade dan Paralimpiade menegaskan bahwa Kendricks, yang akan bertanding dalam kompetisi kualifikasi pada hari Sabtu (31/7/2021), akan melewatkan Olimpiade.

“Sesuai dengan aturan dan protokol lokal, dia telah dipindahkan ke hotel untuk ditempatkan di ruang isolasi dan didukung oleh USA Track and Field dan staf USOPC,” katanya.

“Sam adalah anggota Tim USA yang luar biasa dan berprestasi dan kehadirannya akan dirindukan.”

Sementara itu, Chiaraviglio, juara Amerika Selatan, mengatakan di Instagram: “Sangat sulit untuk memproses sesuatu seperti itu, itu pasti akan memakan waktu lama. Kami tahu pertandingan Olimpiade ini berbeda dan dengan aturan yang berbeda, dan inilah saya, giliran saya.

“Saya diisolasi di sebuah hotel di mana saya akan menghabiskan beberapa hari, dan di mana tujuan utamanya adalah untuk menjaga kesehatan saya."

Baca juga: Penis Disebut Jadi Penyebab Kegagalan, Atlet Lompat Galah Jepang Kecewa

"Saya berterima kasih kepada orang-orang yang dulu dan dekat dan semua orang yang mengirimi saya pesan cinta dan kasih sayang mereka. Menjalani ini sangat sulit, tetapi itu juga akan berlalu.”

Penyelenggara mengkonfirmasi ada 24 tes positif Covid-19 lagi di antara orang-orang di Jepang yang terakreditasi untuk Olimpiade sejak 1 Juli, sehingga totalnya menjadi 198.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com