Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Terlibat Pembunuhan Presiden Haiti, Kepala Keamanan Moise Ditangkap

Kompas.com - 27/07/2021, 09:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

PORT-AU-PRINCE, KOMPAS.com - Polisi Haiti pada Senin (26/7/2021) mengumumkan, telah menangkap kepala keamanan presiden Haiti atas tuduhan terlibat pembunuhan terhadap Jovenel Moise.

Kepala keamanan bernama Jean Laguel Civil itu dicurigai terlibat dalam plot membunuh Moise di rumahnya pada tengah malam.

Tuduhan dijatuhkan lantaran pasukan komando bersenjata bisa melewati penjaga presiden tanpa melepaskan tembakan.

Baca juga: Kemenhan AS Akui Pernah Latih 7 Pembunuh Presiden Haiti Jovenel Moise

Civil lalu ditempatkan di sel isolasi penjara di Delmas, dekat Port-au-Prince.

"Saya dapat mengonfirmasi bahwa Jean Laguel Civil ditangkap pada Senin oleh polisi sebagai bagian dari penyelidikan pembunuhan presiden Jovenel Moise," kata juru bicara polisi Marie Michelle Verrier kepada AFP.

Komisaris Port-au-Prince, Me Bed-ford Claude, memerintahkan otoritas imigrasi untuk melarang empat petugas polisi, yang bertanggung jawab atas keamanan Moise, meninggalkan negara itu.

Polisi pada Senin juga mengeluarkan surat perintah penahanan untuk Wendell Coq Thelot, hakim pengadilan tertinggi Haiti yang dipecat oleh Moise.

Rincian pembunuhan presiden Haiti masih belum jelas, tetapi Perdana Menteri Ariel Henry yang baru dilantik sudah berjanji untuk membawa pembunuh Moise ke pengadilan.

Polisi telah menangkap sekitar 20 tentara bayaran Kolombia sebagai bagian dari plot, yang mereka katakan diorganisir oleh sekelompok orang Haiti yang memiliki hubungan dengan warga asing.

Baca juga: Mantan Pejabat Kementerian Kehakiman Diduga Dalang Pembunuhan Presiden Haiti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com