Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Laporkan 76 Kasus Baru Covid-19, Tertinggi sejak Januari

Kompas.com - 26/07/2021, 15:43 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

NANJING, KOMPAS.com - China pada Senin (26/7/2021) melaporkan 76 kasus baru Covid-19, angka harian tertinggi sejak Januari.

Penambahan kasus termasuk 40 transmisi domestik, sehingga membuat otoritas setempat mengetes jutaan orang di provinsi Jiangsu.

Puluhan ribu orang kemudian di-lockdown di ibu kota provinsi Jiangsu, Nanjing, saat otoritas menguji 9,2 juta penduduk kota itu setelah wabah yang terkait dengan bandaranya pekan lalu.

Baca juga: Budaya Kerja 996 China Diprotes Rusak Keseimbangan Hidup Pekerja

"Dari 40 kasus domestik, 39 berasal dari provinsi Jiangsu dan satu dari Liaoning," kata Komisi Kesehatan Nasional dikutip dari AFP, seraya menambahkan tidak ada kematian baru.

Pelacakan kontak juga menemukan lima orang yang melakukan perjalanan melalui bandara Nanjing positif corona setelah tiba di Anhui dan tiga provinsi lainnya, memicu kekhawatiran bahwa klaster tersebut dapat menyebabkan wabah nasional baru.

Situasi ini mendorong pejabat Nanjing untuk mengumumkan putaran kedua pengujian massal bagi semua penduduk mulai Minggu (25/7/2021), guna mengidentifikasi pasien yang mungkin membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk menunjukkan gejala.

Beijing juga bergegas mencegah wabah kecil baru-baru ini di provinsi perbatasan, mengingat risiko dari varian Delta yang menyebar cepat.

Satu kasus baru dilaporkan pada Senin di provinsi Liaoning yang berbatasan dengan Korea Utara, sehingga jumlah total penularan lokal di wilayah tersebut menjadi lima sejak Kamis (22/7/2021).

Halaman:
Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com