Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Australia Buru Ribuan Demonstran Anti-Lockdown

Kompas.com - 25/07/2021, 16:51 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Newsweek

SYDNEY, KOMPAS.com - Polisi Australia mencari ribuan demonstran yang menghadiri protes lockdown Covid-19 di Sydney dan kota-kota besar lainnya.

Setidaknya 3.500 pengunjuk rasa berkumpul di Central Business District Sydney Sabtu (24/7/2021) sore, untuk memprotes perintah penguncian pemerintah dan mandat masker.

Banyak dari demonstran membawa bendera dan tanda nasional Australia menyerukan "kebebasan" dan "kebenaran."

Baca juga: Demo Massa Anti-lockdown Padati Sejumlah Kota di Australia Saat Kasus Covid-19 Melonjak Lagi

Demonstrasi sempat memunculkan kekerasan, dengan pengunjuk rasa melemparkan botol, pot tanaman, hingga mengecat petugas polisi.

Dalam gambar dramatis yang dibagikan secara online, seorang pengunjuk rasa terlihat meninju kuda polisi, menurut The Sydney Morning Herald.

Hingga Sabtu (24/7/2021) malam, polisi telah menangkap dan mendakwa 57 orang serta mengeluarkan 90 denda.

Menteri Kepolisian New South Wales (NSW) David Elliott mengatakan 22 detektif kini telah ditugaskan untuk melacak sisa "orang bodoh yang sangat egois" yang menghadiri demonstrasi tersebut.

"Saya berharap kami mengeluarkan 3.500 pemberitahuan pelanggaran, saya berharap kami memiliki “orang bodoh yang sangat egois” ini sebelum pengadilan," kata Elliott, lapor Herald.

"Kalau tidak mau dikurung, patuhi aturan!" tegasnya melansir Newsweek.

Wakil Komisaris Polisi NSW Mal Lanyon menambahkan bahwa tindakan para pengunjuk rasa "benar-benar memalukan," di tengah laporan bahwa varian Delta coronavirus melonjak di seluruh negeri.

"Ini bukan saatnya bagi orang untuk keluar rumah. Ini adalah tindakan yang memalukan hari ini," kata Lanyon, sambil mendorong orang-orang yang memiliki foto atau rekaman video protes untuk membagikannya kepada polisi.

Baca juga: Negara Bagian Terpadat Australia Umumkan “Darurat Nasional Covid-19

Protes datang ketika kasus Covid-19 mencapai rekor baru di NSW, dengan 163 infeksi dilaporkan pada Sabtu (24/7/2021).

Negara bagian tersebut mencatat lebih dari 1.900 kasus dan enam kematian dalam lima minggu terakhir, menurut laporan Herald.

Varian Delta dianggap setidaknya dua kali lebih menular daripada jenis Covid-19 lainnya, dan telah menyebabkan kasus dan kematian meningkat di sebagian besar dunia.

Wabah terbaru telah menyebabkan pihak berwenang mengeluarkan penguncian ketat di Greater Sydney selama empat minggu terakhir.

Halaman:
Baca tentang
Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com