Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Serunya Makan Warteg di Tokyo Melalui Vlog Subarashii Indonesia

Kompas.com - 13/07/2021, 09:30 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Rilis

TOKYO, KOMPAS.com - Warteg atau “Warung Tegal” bagi masyarakat Indonesia telah menjadi sebutan yang identik untuk warung makan murah di pinggir jalan.

Pilihan menunya yang beragam dengan harga yang merakyat membuat warteg menjadi andalan kaum pekerja untuk mengisi perut.

Baca juga: Setelah UEA, Filipina Berencana Larang Pelancong Indonesia Masuk Negaranya

Warteg Indonesia juga telah go international. Salah satu warteg khas Indonesia dapat dinikmati di pusat kota Tokyo, tepatnya di Shinjuku.

Berlokasi tidak jauh dari kantor KBRI Tokyo sekitar 10-15 menit jalan kaki, warteg “Monggo Moro” dikelola oleh Ibu Retno diaspora Indonesia bersama suaminya yang asli Jepang.

Nah, untuk mencoba beragam menu khas Indonesia dengan gaya warteg itu, Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi berkesempatan mengajak sahabatnya, mantan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii, mencicipi hidangan di warteg Monggo Moro.

Keseruan makan siang Dubes Heri dengan Dubes Ishii di warteg Monggo Moro tersebut terekam dalam vlog perdana KBRI Tokyo yang bertajuk ‘Subarashii Indonesia’, atau dalam Bahasa Indonesia berarti Indonesia Hebat.

Baca juga: Terkait Covid-19, UEA Larang Pelancong dari Indonesia dan Afghanistan Masuk

“Kami membuat Vlog Subarashii Indonesia ini untuk lebih mempromosikan beragam karya dan cerita kesuksesan Indonesia di Jepang,” ungkap Dubes Heri mengenai alasan pembuatan Vlog Subarashii Indonesia.

"Untuk episode perdana, saya sengaja mengajak Dubes Ishii yang memang terkenal suka sekali dengan masakan Indonesia.”

Dubes Ishii memang dikenal publik Indonesia gemar mengunggah menu makan siang di instagram-nya saat menjabat sebagai Duta Besar Jepang untuk Indonesia.

Bahkan, kini setelah selesai menjabat, Instagram pribadi Dubes Ishiii yakni @masaishii421 telah memiliki lebih 62 ribu followers.

“Ketika saya menjabat sebagai Dubes Jepang, saya sering ditanya apa masakan Indonesia favorit saya. Kini rasanya saya bisa sampaikan jawaban yang lebih jelas… saya sangat suka masakan Padang!” ujarnya.

Baca juga: Dukung Indonesia Perangi Covid-19, Singapura Kirim Paket Bantuan

Ekspor Makanan Indonesia

Banyak informasi menarik terungkap dalam vlog Subarashii Indonesia yang digagas oleh KBRI Tokyo.

Salah satunya ternyata Indonesia telah berhasil mengekspor berbagai produk makanan Indonesia ke Jepang, termasuk diantaranya buah pisang dan nanas. Serta yang terbaru, durian asal Palu yang didatangkan langsung melalui penerbangan kargo Garuda Indonesia dari Manado ke Narita, Tokyo.

“Di tengah situasi pandemi saat ini, KBRI proaktif dalam mencari terobosan baru guna meningkatkan perdagangan Indonesia – Jepang. Salah satunya dengan mendorong penerbangan kargo ke Jepang yang membawa berbagai komoditas pertanian dan perikanan Indonesia”, tegas Dubes Heri Akhmadi.

Jepang, merupakan mitra dagang terbesar kedua bagi Indonesia. Berdasarkan data Kemendag, nilai perdagangan bilateral Indonesia Jepang bulan Januari – Mei 2021 telah mencapai 11,8 milyar dollar AS (Rp 170 triliun), meningkat 6,91 persen dari tahun lalu.

Informasi lain terkait kerja sama ekonomi Indonesia – Jepang dapat dilihat melalui situs Japan – Indonesia Partnership Lounge (JAIPONG) dengan tautan www.dashboard.kbritokyo.jp

Adapun video Subarashii Indonesia dapat disimak di kanal Youtube KBRI Tokyo.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Rilis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com