Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertunjukan Kembang Api Bakal Semarakkan Peringatan Kemerdekaan AS

Kompas.com - 04/07/2021, 16:38 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON, KOMPAS.com – Amerika Serikat (AS) bakal menggelar pertunjukan kembang api di National Mall untuk merayakan Hari Kemerdekaan pada Jumat (4/7/2021).

Peringatan kemerdekaan AS dilangsungkan pada 4 Juli setiap tahunnya sebagaimana dilansir Reuters.

Baca juga: AS Segera Kirim 4 Juta Dosis Vaksin Moderna ke Indonesia melalui Covax

Pada Selasa (2/7/2021), National Park Service menginformasikan bahwa pertunjukan kembang api diluncurkan pada Jumat pukul 21:09 waktu setempat dengan durasi sekitar 17 menit.

Reuters melaporkan, pertunjukan kembang api tahun ini dapat ditengarai sebagai babak baru bagi “Negeri Paman Sam” dalam menghadapi pandemi.

Pasalnya, kasus Covid-19 harian di AS saat ini sudah menurun drastis dan pemerintah telah melarang pertemuan berskala besar selama hampir setahun.

Baca juga: Kisah John Adams dan Thomas Jefferson, 2 Eks Presiden AS yang Meninggal Bersama di HUT Ke-50 Amerika

Presiden AS Joe Biden juga menetapkan 4 Juli sebagai tanggal target untuk memvaksinasi 70 persen orang dewasa di negara tersebut.

National Park Service mengatakan, orang-orang yang menggunakan transportasi umum wajib mengenakan masker.

Selain itu, orang-orang yang belum atau tidak divaksin harus terus memakai masker di luar ruangan atau pun di tempat-tempat ramai.

Baca juga: AS Keluarkan Sanksi Baru untuk 22 Orang Termasuk 4 Menteri Myanmar

"Menonton kembang api pada 4 Juli dari National Mall dengan latar belakang monumen dan tugu peringatan adalah salah satu tradisi termegah di ibu kota negara kita," kata Jeff Reinbold, pengawas National Mall and Memorial Parks.

"Pertunjukkan tahun ini tidak hanya merayakan ulang tahun ke-245 AS, tetapi juga menandai langkah maju yang penting saat kota ini keluar dari pandemi," tambah Reinbold.

Pada pertengahan Juni, New York City mengatakan bahwa pertunjukan kembang api tahunan 4 Juli akan kembali digelar musim panas ini.

Baca juga: AS: Laporan China Bangun 100 Silo Rudal Meresahkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com