Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antartika Catat Rekor Suhu Terpanas, 18,3 Derajat Celsius

Kompas.com - 03/07/2021, 13:41 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

JENEWA, KOMPAS.com - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Kamis (1/7/2021) mengumumkan rekor suhu terpanas baru di benua Antartika, yaitu 18,3 derajat Celsius (64,9 derajat Fahrenheit) tahun lalu.

Rekor panas tercatat di stasiun penelitian Esperanza milik Argentina di Semenanjung Antartika pada 6 Februari 2020, kata Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) bentukan PBB.

"Verifikasi catatan suhu maksimum ini penting, karena membantu kami membangun gambaran cuaca dan iklim di salah satu titik puncak Bumi," kata Sekretaris Jenderal WMO Petteri Taalas.

Baca juga: Gunung Es Seberat 315 Miliar Ton Terpisah dari Antartika

"Semenanjung Antartika adalah salah satu daerah dengan pemanasan tercepat di planet ini, hampir 3 derajat Celsius selama 50 tahun terakhir.

"Karena itu, rekor suhu baru ini konsisten dengan perubahan iklim yang kami amati," lanjutnya dikutip dari AFP.

Rekor terverifikasi sebelumnya untuk benua Antartika (daratan dan pulau-pulau sekitarnya) adalah 17,5 derajat Celsius (63,5 Fahrenheit) yang tercatat di Esperanza pada 24 Maret 2015.

Rekor suhu tertinggi untuk wilayah Antartika yang lebih luas (di semua selatan garis lintang 60 derajat) adalah 19,8 derajat Celsius (67,6 Fahrenheit), diambil di Pulau Signy pada 30 Januari 1982.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com