Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KJRI Chicago Ajak WNI Aktif Cegah Aksi Kebencian

Kompas.com - 02/07/2021, 12:32 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber Rilis

CHICAGO, KOMPAS.com - KJRI Chicago menyelenggarakan webinar yang bertajuk “Hate Crimes and How to Tackle It” pada (30/6/2021).

Acara ini tidak hanya diikuti oleh masyarakat Indonesia yang tinggal di Chicago, tetapi juga masyarakat Indonesia di Midwest, serta beberapa kota di AS dan Indonesia.

Konjen RI Chicago Meri Binsar Simorangkir dalam sambutannya menyatakan bahwa, “Keselamatan WNI di wilayah Chicago dan sekitarnya selalu menjadi prioritas Indonesia karena Perlindungan WNI adalah salah satu pilar dari politik luar negeri Indonesia."

Baca juga: Kim Jong Un Janji Tambah Senjata Nuklir demi Perangi Kebencian AS

"Penyebaran informasi melalui webinar ini merupakan bagian dari komitmen dan upaya KJRI dalam menjamin keselamatan dan keamanan warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Chicago,” ungkap Meri dalam rilis acara pada Selasa (30/6/2021).  

Konjen Meri juga mengajak WNI untuk terlibat aktif dalam mencegah kejahatan bermotif kebencian dan mendorong mereka untuk berani melaporkan kejadian apabila telah menjadi korban kejahatan bermotif kebencian.

Hal senada disampaikan Komisi Human Relations Norman White karena “Sangat sulit bagi para penegak hukum untuk mengatasi hate crimes, jika masyarakat enggan untuk melaporkan peristiwa hate crimes tersebut kepada penegak hukum. Kerja sama adalah kunci.”

Baca juga: Facebook Tutup Akun Politisi India yang Sebarkan Ujaran Kebencian terhadap Rohingya

Presiden Indonesia Diaspora Network-USA, Martino Tangkar dalam sambutannya menyatakan bahwa kebencian menjadi isu yang mengemuka di AS saat ini dan pelaksanaan webinar ini dapat menjadi sarana yang bermanfaat bagi semua orang untuk memahami dan mengatasi aksi kebencian.

Komisioner/Ketua Komisi Human Relations Pemerintah Kota Chicago, Nancy Andrade melalui webinar mengajak semua komunitas yang ada di kota Chicago untuk secara aktif berpartisipasi dalam program-program yang diadakan Pemerintah Kota Chicago melalui Komisi Human Relations untuk mengatasi aksi kebencian.

Komisioner Andrade juga mengumumkan bahwa Presiden IDN-USA, Martino Tangkar telah diundang untuk bergabung menjadi anggota dari Komisi mewakili Komunitas Indonesia di Chicago.

Detektif Sonia French dari Department of Hate Crimes Kepolisian Kota Chicago mendorong masyarakat dapat mempercayai kepolisian.

Baca juga: Buntut Ujaran Kebencian Trump di Medsos, 9 Perusahaan Boikot Iklan di Facebook

 

“Untuk meningkatkan kepercayaan dan kemudahan berkomunikasi, setiap kepolisian Chicago sudah mempunyai alat komunikasi yang jika digunakan, akan menyambungkan mereka ke berbagai penerjemah, yang siap menjadi jembatan antara polisi dan pelapor yang tidak bisa berbahasa Inggris.”

Sementara itu, Atpol, Brigjen Ary Laksmana Widjaja mengajak masyarakat untuk tidak melakukan tindakan atau perilaku yang memancing terjadinya kejahatan bermotif kebencian seperti tidak bepergian sendirian, tidak berpenampilan yang berlebihan dan menghindari tempat-tempat yang rawan.

Kejahatan bermotif kebencian masih menjadi topik yang relevan untuk dibahas hingga saat ini.

Pada 2020, statistik menunjukkan bahwa aksi kebencian, khususnya kebencian Anti-Asia, telah meningkat secara signifikan di seluruh AS hampir 150 persen.

Baca juga: Virus Corona, Ujaran Kebencian terhadap China Meningkat di Twitter

 

Jumlah kasus yang dilaporkan tetap tinggi pada kuartal pertama pada 2021.

Di New York, 42 kasus aksi kebencian dilaporkan sementara di Illinois termasuk Chicago, “Stop Asian-American and Pacific Islander (AAPI) Hate” melaporkan ada 92 kasus antara periode 9 Maret, 2020 hingga 28 Februari 2021.

Melalui penyelenggaraan webinar Hate Crimes and How to Tackle It, KJRI Chicago berharap warga Indonesia khususnya yang berada di wilayah Chicago dan sekitarnya dapat mendengarkan secara langsung dari para ahli mengenai hal-hal yang dapat mereka lakukan untuk menghindari kejahatan bermotif kebencian dan pada akhirnya memberikan perasaan aman dan terlindungi kepada seluruh WNI.

KJRI Chicago juga mengharapkan terjalinnya kerja sama yang erat antara otoritas yang ada di Chicago dengan seluruh masyarakat Indonesia di Chicago dalam mengatasi masalah kriminal khususnya aksi kebencian.

Baca juga: Kerusuhan dan Penjarahan Kembali Melanda Chicago AS, WNI Dipastikan Aman

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com