Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Pakai Masker dalam Ruangan di AS Picu Perdebatan

Kompas.com - 02/07/2021, 11:16 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber The Hill

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Pejabat kesehatan AS mewajibkan agar semua orang memakai masker dalam ruangan, meskipun sudah divaksinasi. Ini sebagai bentuk mencegah potensi penulaan wabah Covid-19 varian delta yang kian mudah menyebar.

Hal ini sudah direkomendasikan Los Angeles County pada pekan ini. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah mendorong orang yang divaksinasi penuh untuk terus menggunakan masker.

Meski begitu, dilansir The Hill, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) belum mengisyaratkan rencana untuk merevisi pedoman maskernya.

Mereka masih menyatakan bahwa orang yang divaksinasi sepenuhnya aman dari semua varian Covid-19 yang ada.

Baca juga: 8 Negara Ini telah Bebas Masker di Tengah Gelombang Covid-19 Varian Delta

"Jika Anda telah divaksinasi, pesan yang kami sampaikan adalah Anda selamat," kata sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki, Rabu (30/6/2021).

"Vaksin itu efektif, dan itu adalah sesuatu yang kami ingin jelaskan dengan sangat jelas kepada publik," ujarnya.

Namun, langkah para pejabat di Los Angeles County yang merekomendasikan untuk memakai masker berlawanan dengan pemerintah pusat dan CDC.

Baca juga: CDC: Terinfeksi Covid-19 Usai Vaksin, Gejalanya Terbukti Lebih Ringan

CDC memang sempat memproyeksikan, varian delta membuat lebih dari seperempat kasus di AS dalam periode dua minggu terakhir.

Los Angeles County pun mengeluarkan pernyataan Senin yang mengatakan bahwa pihaknya "sangat merekomendasikan" semua orang memakai masker di lingkungan dalam ruangan, di mana mereka tidak tahu status vaksinasi semua orang.

Barbara Ferrer, direktur Departemen Kesehatan Masyarakat daerah itu, mengatakan kepada The Hill bahwa para pejabat setempat ingin lakukan vaksinasi bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Kami melakukan pekerjaan itu dengan membangun kepercayaan diri, kami akan terus maju dan menawarkan perlindungan sebanyak mungkin untuk semua orang," katanya.

Baca juga: Kabar Baik, Vaksin Johnson & Johnson Beri Perlindungan dari Varian Delta

Langkah rekomendasi yang dilakukan Los Angeles County dipuji Leana Wen, seorang dokter darurat dan profesor kesehatan masyarakat di Universitas George Washington.

Ini dianggao sebagai "langkah yang benar". Dia berharap wilayah lain bisa mengikuti aturan ini untuk melindungi penduduk yang divaksinasi dan tidak divaksinasi.

"Orang yang divaksinasi lengkap masih berisiko, meskipun risikonya rendah," kata Wen.

"Jika orang yang divaksinasi lengkap berada di sekitar orang yang tidak divaksinasi atau status vaksinasinya belum pasti, maka itu bisa menjadi tempat berisiko tinggi di mana masker harus dipakai," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Hill
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com