Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak yang Ngeyel, Infeksi Varian Delta di Australia Meningkat meski Lockdown

Kompas.com - 01/07/2021, 17:33 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Reuters

SYDNEY, KOMPAS.com - Negara bagian New South Wales (NSW) Australia pada Kamis (1/7/2021) memperingatkan temuan sejumlah besar kasus baru Covid-19.

Temuan tersebut meningkatkan kekhawatiran akan adanya kluster baru, mengingat ini merupakan peningkatan infeksi baru untuk hari ketiga berturut-turut.

Baca juga: Palang Merah Internasional: Indonesia di Ambang Bencana Covid-19 Varian Delta

Padahal, Ibu kota negara bagian Sydney berada di tengah lockdown dua minggu untuk menahan wabah varian Delta yang sangat menular.

Pihak berwenang mengatakan setengah dari total 24 kasus baru pada Kamis (1/6/2021) tertular setelah masih menghabiskan waktu di tempat umum, ketika ternyata sudah terinfeksi Covid-19.

"(Ini) menimbulkan kekhawatiran. Itulah yang akan kami sorot dalam beberapa hari ke depan dan seterusnya sebagai ukuran keberhasilan (lockdown) kami," kata Perdana Menteri NSW Gladys Berejiklian melansir Reuters (1/7/2021).

Berejiklian mengatakan banyak orang dengan gejala mirip flu mengabaikan perintah lockdown dan masih melakukan kegiatannya seperti biasa.

"Kami tidak bisa membiarkan itu (pengabaian) terjadi ... Berasumsilah bahwa Anda memiliki virus atau bahwa orang yang Anda hubungi memiliki virus dan bertindak sesuai dengan itu," tegasnya.

Baca juga: Afrika Selatan dalam Tekanan Ekstrem Varian Delta Saat Program Vaksin Covid-19 Berjalan Lambat

Australia sedang memerangi peningkatan infeksi secara simultan di beberapa negara bagian.

Hampir setengah dari semua warga Australia berada di bawah perintah tetap tinggal di rumah untuk mencegah wabah Varian Delta yang sangat memprihatinkan.

Sydney, Perth, Brisbane, dan Darwin memberlakukan penguncian dalam beberapa hari terakhir. Padahal sebelumnya berbulan-bulan “Negeri Kangguru” hampir menghilangkan virus Covid-19 di negaranya.

Kota pedalaman terpencil Alice Springs, pintu gerbang ke Uluru yang terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO, juga “dikunci” pada Rabu (30/6/2021).

Itu terjadi seorang pelancong yang ternyata terinfeksi menghabiskan berjam-jam di bandara kota.

Jumlah total kasus dalam wabah terbaru di NSW, negara bagian yang terkena dampak terburuk, mendekati 200 sejak kasus pertama terdeteksi lebih dari dua minggu lalu pada pengemudi limusin yang mengangkut awak maskapai luar negeri.

Negara bagian Queensland pada Kamis (1/7/2021) mendeteksi dua kasus lokal baru, karena melacak empat kluster virus yang berbeda. Tiga di antaranya varian Delta.

Northern Territory mendeteksi satu kasus baru, Australia Selatan dan Australia Barat tidak mencatat kasus.

Baca juga: Varian Delta Makin Menyebar, Uni Eropa Peringatkan Ancaman Covid-19

Halaman:
Baca tentang
Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com