Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondominium di AS Runtuh, 156 Orang Masih Hilang dan 5 Tewas

Kompas.com - 27/06/2021, 14:17 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

SURFSIDE, KOMPAS.com – Sebanyak 156 orang masih dilaporkan hilang pasca-runtuhnya sebuah kondominium di Amerika Serikat (AS) yang terjadi pada Kamis (24/6/2021).

Tim pencari dan penyelamat berupaya keras menemukan para korban hilang dengan menggali puing-puing kondominum 12 lantai di Surfside, Miami-Dade County, Florida, AS tersebut.

Pada Sabtu (26/6/2021), tim layanan darurat melaporkan, sejauh ini jumlah korban tewas akibat gedung runtuh tersebut sebanyak lima orang sebagaimana dilansir Reuters.

Baca juga: 2 Rumah Lawas Berdiri di Samping Pembangunan Kondominium, Ini Cerita di Baliknya

Wali Kota Miami-Dade County Daniella Levine Cava mengatakan, mereka memprioritaskan untuk mencari dan menyelamatkan para korban yang masih hilang.

Para pejabat berharap dengan sangat bahwa 156 orang yang hilang tersebut masih hidup.

Pada Sabtu, petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api yang membara di bawah puing-puing bangunan berusia 40 tahun itu.

Dengan padamnya api itu, tim penyelamat bisa lebuh leluasa dalam melakukan pencarian dan penyelamatan.

Baca juga: Apartemen Tepi Laut di Florida AS Ambruk, 1 Tewas 99 Orang Hilang


Dibantu oleh anjing, pemindai inframerah, dan alat berat, tim penyelamat berharap orang-orang yang hilang ini masih hidup.

"Hal terbesar sekarang adalah harapan. Itulah yang mendorong kami. Ini situasi yang sangat sulit," kata Kepala Pemadam Kebakaran Alan Cominsky.

Pada 2018, muncul sebuah laporan bahwa seorang insinyur menemukan bukti adanya kerusakan struktural besar di bawah dek kolam renang di kondominium itu.

Insinyur itu juga menemukan kerusakan beton di area parkir bawah tanah kondominium yang terletak di tepi laut tersebut.

Baca juga: Penembakan di Florida Terjadi Lagi, 3 Orang Termasuk Anak-anak Tewas

Laporan tersebut, yang dirilis oleh pejabat kota, dibuat untuk dewan kondominium dalam persiapan untuk proyek perbaikan besar yang ditetapkan tahun ini.

Tidak segera jelas apakah kerusakan yang dijelaskan dalam laporan itu terkait dengan keruntuhan gedung itu pada Kamis.

Kondominium itu juga direncanakan untuk dilakukan sertifikasi ulang tahun ini, persyaratan keamanan untuk bangunan yang berusia lebih dari 40 tahun di Florida.

Para pejabat mengatakan, county tersebut akan mengaudit semua bangunan berusia lebih dari 40 tahun dalam 30 hari ke depan untuk memastikan mereka telah disertifikasi ulang.

Pada Sabtu pagi waktu setempat, Wakil Wali Kota Miami-Dade County Tina Paul menyebut masalah struktural yang dijelaskan dalam dokumen itu sangat mengkhawatirkan.

Baca juga: Penembakan Massal Florida: Tiga Pelaku Tembakkan 100 Peluru Masih dalam Pengejaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com