Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Ancam Ledakkan Kapal Perang Inggris jika Berlayar Dekat Crimea

Kompas.com - 25/06/2021, 16:34 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Daily Mail

MOSKWA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Ryabkov mengancam bakal meledakkan kapal perang Inggris, jika berlayar dekat Crimea.

Sebelumnya tembakan peringatan telah ditembakkan ke kapal perang HMS Defender pada Rabu (23/6/2021).

Kapal perusak Tipe 45 Inggris itu berlayar dalam batas 12 mil Krimea dekat Tanjung Fiolent di Laut Hitam, yang diklaim Rusia sebagai wilayahnya sendiri, tetapi negara-negara Barat menganggapnya sebagai perairan internasional.

Baca juga: Rusia Jatuhkan Bom dan Tembakan Peringatan ke Kapal Perang Inggris

Sebanyak 20 pesawat Su-24 sempat terbang di atas kapal perang Inggris itu.

"Jika ini tidak membantu, kita dapat mengebom tidak hanya ke arahnya tetapi juga tepat sasaran, jika rekan-rekan kita tidak mengerti," ancam Ryabkov dikutip dari Daily Mail, Kamis (24/6/2021).

"Saya memperingatkan semua orang yang melanggar perbatasan negara Federasi Rusia di bawah slogan navigasi bebas, dari langkah-langkah provokatif seperti itu, karena keamanan negara kita adalah yang utama," tegasnya.

Mendukung komentarnya, Kremlin juga berkata Moskwa akan menanggapinya dengan keras untuk tindakan serupa berikutnya, dan mewanti-wanti jika ada provokasi lebih lanjut.

Sementara itu Ketua Komite Pilihan Pertahanan Inggris, Tobias Ellwood, mengakui ada prospek peningkatan pertempuran dengan berlayarnya kapal Inggris di perairan yang disengketakan.

Baca juga: Rusia Rilis Video saat Kapalnya Beri Tembakan Peringatan ke Kapal Inggris

Mantan Menteri Pertahanan itu mengatakan kepada BBC 4, "Ada kemungkinan besar terjadinya kecelakaan, salah tafsir, yang mengarah ke keterlibatan kekuatan nyata, dan mungkin perlu sedikit waktu sebelum seseorang meraih telepon merah itu dan menenangkan segalanya."

Rusia mengklaim telah menembak HMS Defender dan menjatuhkan empat bom dari pesawat tempur Su-24M di perairan depan kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris itu.

Inggris membantah klaim Rusia, dan menegaskan HMS Defender selalu berada di perairan Ukraina atau internasional.

Banyak negara Barat tidak menganggap sah secara hukum pencaplokan Crimea oleh Rusia tahun 2014 dengan kekuatan militer.

Baca juga: Inggris Bantah Pernyataan Rusia Terkait Tembakan Peringatan ke Kapal Perangnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com