Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Presidensi G20 Italia, Indonesian Youth Diplomacy Bakal Gelar Seminar

Kompas.com - 17/06/2021, 10:57 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Rilis

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesian Youth Diplomacy (IYD) akan menyelenggarakan seminar daring yang bakal digelar pada Jumat (18/6/2021) mulai pukul 14.00 WIB melalui Zoom.

IYD merupakan organisasi non-profit kepemudaan yang aktif mendorong pemaparan dan pembahasan isu-isu strategis internasional.

Dari rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (17/6/2021), seminar tersebut mengusung tema Meet the Diplomats: Road to G20 Italy 2021.

Baca juga: Tukar dengan India, Indonesia Jadi Tuan Rumah KTT G20 di 2022

Ada tiga pembicara kunci dalam seminar tersebut. Pembicara kunci pertama adalah Staf Ahli Menteri Bidang Konektivitas, Pengembangan Jasa, dan Sumber Daya Alam, Kementerian Koordinator Perekonomian RI Edi Prio Pambudi.

Pembicara kunci kedua Staf Khusus Program Prioritas Kementerian Luar Negeri RI Dian Triansyah Djani sedangkan pembicara kunci ketiga adalah Sekretaris Kementerian Pemuda Gatot S Dewa Broto.

Edi bakal menjelaskan tentang prioritas Indonesia dalam pertemuan G20 Italy 2021 serta persiapan Indonesia sebagai tuan rumah G20 Indonesia 2022.

Sementara Dian bakal lebih banyak memberikan pemaparan mengenai tantangan tata kelola global dan peran Indonesia dalam kepemimpinan G20.

Selain itu, Gatot akan berbicara tentang pentingnya partisipasi pemuda dalam pertemuan dan perundingan internasional.

Baca juga: Indonesia Capai Tingkat Terendah terhadap Komitmen G20 Periode 2019

Ratusan orang telah mendaftar seminar itu. Para pendaftar terdiri atas para pemuda Indonesia dan negara G20 lainnya yang berumur 18 hingga 35 tahun dari berbagai latar belakang.

Pendiri IYD sekaligus Ketua Panitia Y20 Indonesia 2022 Gracia Paramitha mengatakan, Meet the Diplomats merupakan wadah bagi seluruh pemuda untuk bertemu, berdiskusi, dan berkolaborasi dengan para diplomat, jajaran Pemerintah, dan praktisi Hubungan Internasional.

“Program menarik ini telah berlangsung sejak 2015, saat itu IYD menyelenggarakan Meet The Diplomats: Road to Conference of Parties (COP) 21 Paris 2015 and UK-Indonesia Climate Diplomacy,” kata Gracia.

“Harapannya, acara Meet The Diplomats dapat menjadi penghubung sekaligus motivasi untuk para pemuda yang gemar isu strategis global dan berinteraksi langsung dengan para diplomat Indonesia dan dunia,” sambung Gracia.

Melalui tema yang diusung, IYD ingin menyatakan dukungan terhadap penyelenggaran Presidensi G20 Italia tahun ini, khususnya kolaborasi dengan Young Ambassadors Society (YAS) sebagai penyelenggara Y20 Italy Summit 2021.

Baca juga: KTT G20 Akan Digelar Virtual November, Arab Saudi Tuan Rumahnya

“Indonesia akan menjadi tuan rumah G20 beserta Y20 di tahun 2022. Dan sejak 1 Juni, IYD telah resmi menjadi tuan rumah Y20 Indonesia Summit 2022,” ujar Ketua IYD Michael V Sianipar.

Dia menambahkan, melalui acara Meet the Diplomats tahun ini, pihaknya ingin menunjukkan semangat dan dukungan IYD terhadap kelanjutan antara Presidensi G20 Italia menuju Presidensi G20 Indonesia 2022.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com