Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: Amerigo Vespucci, Penjelajah Dunia Baru yang Sebut Amerika sebagai Benua

Kompas.com - 15/06/2021, 07:36 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

KOMPAS.com - Amerigo Vespucci adalah seorang pedagang dan penjelajah kelahiran Italia yang mengambil bagian dalam pelayaran awal ke “Dunia Baru” atas nama Spanyol sekitar akhir abad ke-15.

Pada saat itu, bangsa viking telah mendirikan pemukiman di Amerika Utara sejak awal 1.000 M. Christopher Columbus telah "menemukan" beberapa pulau Karibia dan Amerika Tengah.

Tapi, Vespucci yang menang.

Pada 1507, dengan menggunakan surat-surat Vespucci sebagai panduan, seorang kartografer Jerman membuat peta baru. Dia lalu menamai wilayah yang sekarang dikenal sebagai Amerika Selatan untuk menghormati Vespucci.

Baca juga: Kota Tertua di Benua Amerika Terancam Musnah akibat Virus Corona

Masa muda

Navigator dan penjelajah Amerigo Vespucci adalah putra ketiga dalam keluarga berbudaya. Dia lahir pada 9 Maret 1451, (beberapa sarjana mengatakan 1454) di Florence, Italia.

Meski lahir di Italia, Vespucci menjadi warga negara Spanyol yang dinaturalisasi pada 1505.

Vespucci dan orang tuanya, Ser Nastagio dan Lisabetta Mini, adalah teman dari keluarga Medici yang kaya dan penuh konflik, yang memerintah Italia dari 1400-an hingga 1737.

Ayah Vespucci bekerja sebagai notaris di Florence. Sementara kakak laki-lakinya pergi ke Universitas Pisa di Tuscany, Vespucci menerima pendidikan awal dari paman pihak ayah, seorang biarawan Dominikan bernama Giorgio Antonio Vespucci.

Ketika Vespucci berusia awal 20-an, pamannya yang lain, Guido Antonio Vespucci, memberinya salah satu dari banyak pekerjaan pertamanya.

Guido Antonio Vespucci, yang merupakan duta besar Florence di bawah Raja Louis XI dari Prancis, mengirim keponakannya dalam misi diplomatik singkat ke Paris.

Perjalanan itu tampaknya membangkitkan daya tarik Vespucci dengan perjalanan dan penjelajahan.

Baca juga: [Biografi Tokoh Dunia] Ratu Amina, Pendekar Wanita dari Benua Hitam

Sebelum Eksplorasi

Pada tahun-tahun sebelum Vespucci memulai perjalanan eksplorasi pertamanya, ia memegang serangkaian pekerjaan lain.

Ketika Vespucci berusia 24 tahun, ayahnya memaksanya untuk berbisnis. Sebuah pekerjaan yang menjadi “wajib” bagi seorang Vespucci.

Pada awalnya ia melakukan berbagai usaha bisnis di Florence. Kemudian, pindah ke bisnis perbankan di Seville, Spanyol, di mana ia menjalin kemitraan dengan pria lain dari Florence, bernama Gianetto Berardi.

Menurut beberapa catatan, dari 1483 hingga 1492, Vespucci bekerja untuk keluarga Medici. Selama waktu itu ia dikatakan telah mengetahui bahwa para penjelajah sedang mencari jalur barat laut melalui Hindia.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com