Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masalah Stereotipe, Sutradara "Crazy Rich Asians" Akhirnya Minta Maaf

Kompas.com - 11/06/2021, 16:38 WIB
Tito Hilmawan Reditya,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Sutradarai "Crazy Rich Asians" Jon M Chu, akhirnya meminta maaf atas penggambaran karakter Asia Selatan di film yang disutradarainya medio 2018.

Kepada Insider, Chu membahas kontroversi mengenai pemeran aktor keturunan dari negara-negara Asia Selatan dalam peran stereotipe, seperti pekerja rumah tangga.

Salah satu adegan yang menjadi kontroversi, ada di awal film di mana karakter Constance Wu dan Awkwafina, berhenti di sebuah rumah besar dan dikelilingi oleh penjaga bersenjata, yang semuanya tampak seperti keturunan Asia Selatan.

Chu menyatakan bahwa karakter itu seharusnya dibuat dengan lebih manusiawi.

Baca juga: Film Crazy Rich Asians Terpuruk di China

"Melihat ke belakang, saya seharusnya membuat lelucon untuk para penjaga ini. Ada hal-hal yang harus dilakukan untuk membuat mereka lebih manusiawi daripada hanya sekadar jadi penjaga," ujar Chu.

Sutradara "In the Heights" ini juga membahas karakter Asia Selatan yang ditampilkan dalam adegan pesta yang mewah.

"Tapi, mereka hanya ada di sana. Saya tidak memberi mereka ruang untuk berada di sana," ujarnya.

Baca juga: Bersama Produser Crazy Rich Asians, Joko Anwar Siap Produksi Impatigore

Pria berusia 41 ini mengaku tidak bisa menyimpang dari materi yang jadi sumber film, yakni novel berjudul yang sama yang ditulis Kevin Kwan pada tahun 2013.

Dalam novel itu, semua pemeran utama memang keturunan China. "Itu pelajaran yang saya tidak saya harapkan terjadi," ujar Chu.

"Saya seperti, ini adalah buku yang ada, dan saya membuat buku ini menjadi film. Saya tidak bisa menambahkan karakter baru ke dalamnya. Jadi, kritik dari orang-orang saya anggap sebagai pengalaman belajar," tambahnya.

Ke depannya. Chu berjanji untuk lebih memperhatikan detail semacam ini untuk proyek masa depannya sehingga kesalahan yang sama tak terulang lagi.

Baca juga: Sutradara “Crazy Rich Asians” Merekam Film dengan iPhone XS Max

"Crazy Rich Asians" adalah film drama komedi romantis Amerika Serikat yang dirilis tahun 2018. Disutradarai Jon M Chu dan diproduseri oleh Nina Jacobson, Brad Simpson, dan John Penotti.

Film ini dibintangi Constance Wu, Henry Golding, Gemma Chan, Lisa Lu, Nico Santos, Awkwafina, Ken Jeong dan Michelle Yeoh--seluruhnya keturunan Asia.

Film Crazy Rich Asians ditayangkan secara perdana di TCL Chinese Theatre pada tanggal 7 Agustus 2018, dan baru dirilis di AS pada tanggal 15 Agustus 2018.

Film ini mendapatkan beragam review dari para kritikus, termasuk ulasan negatif yang menyoroti stereotipe Asia Selatan dan kurang beragamnya ras yang bermain di dalamnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com