Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Sensor Adegan Lady Gaga, Justin Bieber, dan BTS di Film Friends

Kompas.com - 29/05/2021, 17:55 WIB
Tito Hilmawan Reditya,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

BEIJING, KOMPAS.com - Penampilan Lady Gaga dan Justin Bieber, penyanyi AS, serta BTS, grup boyband Korea Selatan di film Friends: The Reunion, dihapus secara sepihak oleh China.

Platform streaming China yang menayangkan film reuni Friends, yakni iQiyi, Youku, dan Tencent Video, tidak menampilkan adegan ketiganya karena sudah disensor.

Lady Gaga, Bieber, dan BTS, dianggap sudah menyinggung China di masa lalu. Kemungkinan besar jadi alasan yang menyebabkan penampilan mereka dipotong.

Baca juga: Media Sosial China Sensor Nama Kim Jong Un

Dalam versi lengkap Friends: The Reunion yang tayang di platform HBO, BTS muncul sekitar 15 detik untuk membahas mengapa mereka sangat menyukai Friends.

Sementara Gaga, menampilkan adegan berjalan ke Central Park membawakan Smelly Cat bersama Lisa Kudrow (Phoebe).

Kemudian, Bieber memamerkan barang-barangnya di atas catwalk dengan mengenakan kostum Spudnik yang dipakai David Schwimmer (Ross).

Semuanya dipotong dan tidak ditampilkan dalam Friends versi China.

Baca juga: 7 Pelajaran Hidup dari Serial Friends, Coba Simak...

Sebelumnya, ketiga figur publik ini memang punya masalah dengan China, secara langsung maupun tak langsung.

BTS misalnya, sempat gagal menyebutkan pengorbanan tentara China selama Perang Korea dalam pidato mereka di 2020. Membuat China sempat marah dan punya sentimen negatif pada pelantun hits Dynamite ini.

Dalam kasus Gaga, China menganggap pertemuan Gaga dengan Dalai Lama, sosok yang dianggap berbahaya oleh China, pada 2016 lalu, tidak bisa diterima. 

Sementara Bieber, dianggap China punya banyak perilaku buruk, baik di atas maupun di luar panggung. Membuat pelantun Sorry ini sempat dilarang ke China pada 2017.

Baca juga: Di Spotify, Streaming Lagu dan Playlist Sitkom Friends Melonjak Drastis Seiring Penayangan Ulangnya

Selain penampilan ketiga bintang itu, beberapa bagian yang menampilkan percakapan yang menjurus ke LGBTQ juga dihilangkan. Beberapa adegan juga terpotong tanpa diketahui alasannya.

Sejauh ini, belum diketahui apakah ada keterlibatan pemerintah China dalam pemotongan, ataukah memang murni dari platform streaming itu sendiri

Friends, adalah salah satu serial Barat yang paling populer di seluruh dunia, termasuk China, hingga akhirnya dibuat versi film reuni yang disutradarai Ben Winston di tahun ini.

Episode pertama serial ini tayang pada 22 September 1994, dan kemudian berlangsung selama satu dekade.

Dibintangi Jennifer Aniston, Matt LeBlanc, Matthew Perry, Lisa Kudrow, Courteney Cox, dan David Schwimmer, Friends punya jutaan penggemar fanatik sampai saat ini.

Baca juga: Jennifer Aniston Buka Rahasia, Sempat Cinlok Saat Syuting Friends

Banyak warga China mengenal dan mengerti budaya Amerika setelah melihat serial Friends. Termasuk belajar bahasa Inggris dari serial ini.

Karena banyaknya penggemar Friends di China, pemotongan adegan menyebabkan platform media sosial Weibo ramai oleh protes.

Meski Weibo diawasi secara ketat oleh pemerintah China, tapi penggemar fanatik Friends di China tak ragu suarakan kekecewaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com