Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Batasi Speaker Masjid Hanya untuk Azan dan Ikamah, Ini Alasannya

Kompas.com - 26/05/2021, 13:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

RIYADH, KOMPAS.com – Kementerian Urusan Islam Arab Saudi telah mengeluarkan surat edaran yang membatasi penggunaan speaker alias pengeras suara masjid.

Surat edaran tersebut dikeluarkan Menteri Urusan Islam Arab Saudi, Syekh Abullatif bin Abdulaziz Al Sheikh, pada Minggu (23/5/2021).

Dalam surat edaran tersebut, pengeras suara di masjid hanya diperbolehkan untuk keperluan azan dan ikamah.

Baca juga: Pemerintah India Buldoser Masjid Berusia 100 Tahun, Lalu Polisikan Pemimpin Muslim Setempat

Selain itu, volume pengeras suara masjid yang diperbolehkan tidak melebihi sepertiga dari volume maksimal sebagaimana dilansir Gulf News.

Kementerian memperhatikan, penggunaan pengeras suara menjelang azan dapat memengaruhi mereka yang rentan, orang tua dan anak-anak di sekitarnya.

Kementerian Urusan Islam Arab Saudi juga menyebutkan penggunaan pengeras suara masjid selama shalat juga mengganggu shalat yang diadakan di masjid terdekat.

Baca juga: Polisi Israel dan Warga Palestina Bentrok Lagi di Masjid Al-Aqsa

Surat edaran itu menyebutkan, keputusan itu didasarkan pada hukum Islam dan pada sabda Nabi Muhammad sebagaimana dilansir The National.

Pasalnya, bahkan saat shalat berjamaah pun, mereka tidak boleh menyebabkan ketidaknyamanan satu sama lain melalui bacaan keras selama shalat.

Surat edaran itu juga menekankan bahwa suara imam harus didengar oleh semua orang di dalam masjid selama shalat, namun tidak perlu didengar di rumah terdekat atau di luar.

Baca juga: Kronologi Konflik Israel-Palestina Terkini: dari Masjid Al-Aqsa Diserang sampai Gencatan Senjata

Arab Saudi memiliki lebih dari 98.800 masjid, termasuk dua masjid penting dalam Islam, Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Pada 2018, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) meluncurkan proyek untuk merenovasi lebih dari 130 masjid bersejarah di Arab Saudi.

Beberapa masjid penting sedang direnovasi di seluruh negeri, termasuk yang dibangun oleh Nabi Muhammad dan para sahabatnya.

Baca juga: Imam Masjid di Kongo Ditembak Mati Usai Shalat Isya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com