Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heboh Disangka Pakai Narkoba, Rocker Italia Pemenang Eurovision Buktikan Dirinya Bersih

Kompas.com - 25/05/2021, 13:59 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AFP

JENEWA, KOMPAS.com - Damiano David, vokalis group rock Italia, Maneskin, yang memenangkan kontes musik terbesar dunia Eurovision, dinyatakan negatif dari penggunaan obat-obatan.

Pernyataan itu disampaikan penyelenggara kontes Eurovision pada Senin (24/5/2021), menyusul kehebohan atas spekulasi dia menghirup kokain pada hari final perlombaan.

Baca juga: Pangeran Harry Mabuk Berat Seharian dan Hampir Pakai Narkoba untuk Obati Trauma Kematian Putri Diana

Penyanyi flamboyan yang berbaju lederhosen merah dalam kompetisi itu menjalankan pengujian, setelah rekaman dirinya bersandar di atas meja di area perhotelan kompetisi di Rotterdam menjadi viral.

Eurovision, ekstravaganza musik pop televisi tahunan yang ditonton oleh ratusan juta orang setiap tahun, diselenggarakan oleh European Broadcasting Union (EUB).

AFP melaporkan bahwa EBU yang berbasis di Jenewa menyatakan telah meninjau fakta, termasuk memeriksa semua rekaman yang tersedia, menyusul tuduhan penggunaan narkoba di belakang panggung.

Dikatakan David secara sukarela menjalani tes narkoba pada Senin (24/5/2021). Dari hasil tes yang diterima EBU menunjukkan bahwa vokalis tim Italia itu mengembalikan hasil negatif atas penggunaan obat.

"Tidak ada penggunaan narkoba yang terjadi di Ruang Hijau dan kami menganggap masalah ini sudah ditutup.”

"Kami khawatir bahwa spekulasi tidak akurat yang mengarah ke berita palsu telah membayangi semangat dan hasil dari acara tersebut dan secara tidak adil memengaruhi band."

Maneskin merupakan kontestan favorit dalam kompetisi musik itu melawan persaingan ketat dari Perancis dan Swiss.

Grup rock Italia itu melonjak menuju kemenangan dengan lagu mereka "Zitti e Buoni" pada Sabtu (22/5/2021), dan meraih kemenangan dengan 524 poin, didukung suara publik.

"Kami ingin mengucapkan selamat kepada Maneskin sekali lagi dan berharap mereka sukses besar," kata EBU.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan anggota Italia kami, Rai, dalam memproduksi Kontes Lagu Eurovision yang spektakuler di Italia tahun depan."

Baca juga: 25 Tewas saat Polisi Brasil Gerebek Pengedar Narkoba, PBB Prihatin

Kemarahan Perancis

Hebohnya kontroversi itu bahkan sampai membuat pemerintah Perancis turun tangan. Mereka mempertimbangkannya alasan tersebut bisa untuk mendiskualifikasi tim “Negara Spaghetti”, jika David dinyatakan positif.

Menteri Eropa Perancis Clement Beaune telah menyerukan "transparansi total".

"Saya pikir tidak perlu diragukan lagi di sini. Kalau ada masalah, ada sanksi ... Ada ketentuan untuk sanksi, termasuk potensi diskualifikasi jika ada masalah," ujarnya kepada radio RMC.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com