Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Momen Persalinan dalam Penerbangan Melintasi Samudra Disambut Sorak Sorai Penumpang

Kompas.com - 03/05/2021, 16:41 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Newsweek

HAWAII, KOMPAS.com - Sebuah video viral di dalam maskapai penerbangan Delta dari Utah ke Hawaii menunjukkan para penumpang bertepuk tangan setelah seorang ibu melahirkan bayi laki-laki di pesawat.

Video tersebut diunggah ke TikTok pada Jumat (30/4/2021) oleh Julia Hansen (23) yang menyaksikan kelahiran dalam penerbangan menuju ke Hawaii bersama temannya, Siearra Rowlan (23).

Baca juga: Melahirkan di Usia 64 Tahun, Anak Kembar dari Wanita Ini Diambil Negara


Dalam video tersebut, terdengar pramugara memberikan pengumuman kepada penumpang lewat pengeras suara tentang kelahiran tersebut.

Tepuk tangan menggema dalam kabin pesawat untuk sang ibu. Termasuk untuk kru medis dalam penerbangan tersebut, yang memberikan bantuan darurat dalam persalinan itu.

"Seperti yang Anda dengar, kami baru saja melahirkan anak di pesawat. Tepuk tangan meriah untuk ibu," kata seorang pramugara.

Sejumlah penumpang lain terdengar berteriak "selamat."

Hingga Senin (3/5/2021), video tersebut telah dilihat lebih dari 11 juta kali di TikTok.

Delta mengonfirmasi kepada Newsweek bahwa kelahiran itu terjadi di atas samudra, selama penerbangan dari Salt Lake City ke Honolulu pada Rabu (28/3/2021).

Perusahaan menambahkan bahwa tidak ada informasi lain tentang kelahiran atau keluarga yang tersedia, tetapi merujuk ke pernyataan tentang kehamilan dalam penerbangan.

"Di Delta, kami tidak memberlakukan larangan terbang jika Anda hamil dan tidak memerlukan surat keterangan medis untuk Anda.”

“Jika Anda bepergian setelah bulan kedelapan, sangat baik untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan tidak ada larangan perjalanan," kata perusahaan itu.

Baca juga: Setelah Melahirkan, Wanita Ini Ditinggal Kabur Pacarnya bersama Ibunya Sendiri

@juliabernice

It’s the ‘baby being born while we’re above the Pacific Ocean’ for me

? original sound - Julia Hansen

Menurut The Washington Post, seorang dokter dan perawat dalam penerbangan segera merespons atas kebutuhan darurat medis itu secara profesional.

Dalam wawancara dengan kantor berita tersebut, Hansen mengatakan, dia hampir tertidur ketika pertama kali mendengar pramugari menanyakan, apakah ada orang di dalam pesawat itu yang berprofesi sebagai dokter.

"Semua orang berbalik untuk melihat apa yang terjadi, dan kemudian terjadi banyak percakapan antara pramugari," kata Rowlan kepada The Washington Post.

"Speaker sempat nyala lalu mati, seperti mereka akan mengumumkan sesuatu, tapi sebenarnya tidak. Lalu ada bayi kecil yang menangis."

Halaman:
Sumber Newsweek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com