Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama dalam Sejarah, Presiden AS Diapit Dua Wanita di Depan Kongres

Kompas.com - 29/04/2021, 18:58 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Guardian

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memberikan pidato pertamanya pada sesi gabungan Kongres pada Rabu malam (28/4/2021).

Momen itu menjadi peristiwa bersejarah bagi AS karena untuk pertama kalinya dua wanita berdiri di belakang pemimpin negara adidaya itu.

Mereka adalah Kamala Harris (Wakil Presiden) dan Nancy Pelosi (Ketua DPR AS).

Baca juga: Update Covid-19: AS Minta Warganya Segera Keluar dari India

Biden memulai pidatonya dengan berterima kasih kepada "Madam speaker" dan, khususnya, "Madam Vice-President", sapa Presiden ke-46 AS itu untuk dua wanita tersebut.

“Tidak ada presiden yang pernah mengucapkan kata-kata itu, dan ini sudah waktunya,” katanya melansir Guardian.

Harris merupakan Wakil Presiden perempuan pertama, kulit hitam, dan keturunan Asia Selatan bagi AS. Sementara Pelosi, adalah Ketua DPR perempuan pertama AS.

Momen itu diambil saat Biden merefleksikan 99 hari pertama kepresidenannya, dan memaparkan visinya untuk 1362 hari yang akan datang.

Kehadiran mereka disebut menunjukkan ukuran kemajuan dalam perjuangan kesetaraan jender di AS. Meskipun posisi Harris dan Pelosi masih berada di belakang Presiden pria kulit putih yang menua.

Baca juga: Biden Sebut AS Telah Bergerak, Janjikan Perubahan Positif

Harris, secara khusus menjadi bukti kontras dengan periode pemerintahan AS empat tahun terakhir. Yaitu ketika Donald Trump didampingi oleh wakil presidennya yang “setia”, Mike Pence.

Ketika ditanya tentang pentingnya dua wanita yang duduk di belakang presiden untuk peristiwa tersebut, Harris mengatakan kepada wartawan bahwa itu "normal".

Biden menggunakan pidatonya, pada malam 100 hari Biden menjabat, untuk membahas keadaan pandemi Covid-19.

Dia juga mendorong rencana infrastruktur senilai 2 triliun dollar AS (Rp 28,9 kuadriliun) yang dia ungkapkan pada akhir Maret.

Terlihat Harris dan Pelosi berdiri berulang kali selama pidato Biden untuk bertepuk tangan, sesuatu yang dihindari Pelosi selama pidato Trump di depan Kongres.

Biden, sebagai wakil presiden, menghabiskan delapan tahun duduk di belakang Barack Obama saat Barack Obama berbicara di sesi gabungan Kongres.

Tapi pada Rabu (28/4/2021), Harris menduduki kursi yang sebelumnya diduduki Biden untuk pertama kalinya.

Baca juga: AS Kirim Bantuan Covid-19 Senilai Rp 1,4 Triliun ke India

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com