Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Tesla Ternyata Bisa Diakali untuk Melaju Tanpa Pengemudi, Begini Caranya...

Kompas.com - 23/04/2021, 08:35 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

NEW YORK CITY, KOMPAS.com - Pada Kamis (22/4/2021) muncul sebuah laporan bahwa mobil Tesla dapat diakali untuk dikendarai tanpa seorang pun yang mengemudi.

Para teknisi dari Consumer Reports dengan mudah mengakali Autopilot Tesla untuk mengemudi tanpa siapa pun di kursi sopir, kata majalah itu di situsnya.

"Sebuah skenario yang akan menimbulkan bahaya ekstrem jika hal itu terjadi berulang kali di jalan umum," tambahnya dikutip dari AFP.

Baca juga: Mobil Tesla Berkendara dengan Autopilot Tabrak Pohon, Dua Penumpangnya Tewas Terbakar

Dalam pengujiannya, Consumer Reports memberi beban ke setir dan orangnya berpindah ke kursi penumpang tanpa melepas sabuk pengaman.

"Tidak ada peringatan bahwa tidak ada yang duduk di kursi, tidak ada yang memegang setir dan tidak ada yang melihat ke jalan," kata Jake Fisher dari Consumer Reports tentang tes pada SUV Tesla Model Y yang direkam dalam video.

"Mobil terus melaju tanpa peringatan kepada pengemudi untuk tetap terlibat. Kami terkejut betapa mudahnya mengalahkan pengamanan yang tidak memadai."

Dalam tesnya Consumer Reports juga mmebandingkan Tesla dengan mobil Subaru yang dibuat oleh General Motors, dan produksen mobil lainnya yang menggunakan sistem berbasis kamera untuk melacak pergerakan mata pengemudi, dan memastikan kendaraan bukan tanpa orang.

Baca juga: Misteri Tabrakan Tesla Tanpa Pengemudi, Mobil Hangus 2 Orang Tewas

Tesla Model Y jadi mobil listrik termurah Tesla.AUTOCAR.co.uk Tesla Model Y jadi mobil listrik termurah Tesla.
Insiden-insiden yang menyoroti Tesla

Tesla produsen mobil listrik yang dimiliki Elon Musk, belakangan ini mendapat sorotan tajam atas insiden kecelakaan fatal yang membuat kendaraan hangus terbakar dan menewaskan dua orang di dalamnya.

Kendaraan itu melaju kencang dan menabrak pohon pada Sabtu tengah malam (17/4/2021) di Spring, Texas, dekat Houston, Amerika Serikat.

Polisi Harris County, Mark Herman, berkata ke media lokal bahwa penyelidikan awal tidak menemukan siapa pun di kursi pengemudi kendaraan.

Salah satu korban ditemukan di kursi penumpang dan yang lainnya di jok belakang.

Kemudian seorang wanita pengemudi Tesla marah-marah di pameran Shanghai Auto Show China pada Senin (19/4/2021), dengan mengaku rem mobilnya pernah blong.

Dia marah-marah menceritakan nyawanya hampir melayang akibat rem Tesla-nya tidak berfungsi.

Video ini pun dengan cepat menyebar di media sosial China dan menjadi perbincangan panas.

Baca juga: Video Viral Pengemudi Tesla Marah-marah karena Rem Blong dan Hampir Tewas

Sebelumnya juga beredar video yang viral di Twitter memperlihatkan Autopilot Tesla menyerah menghadapi kemacetan di jalanan Vietnam.

Di layar muncul tulisan "Take Over Immediately" atau segera ambil alih, yang memerintahkan pengemudi untuk menyetir sendiri.

Sensor juga menginformasikan "Cruise control is unavailable" yang berarti autopilot tidak bisa bekerja saat itu.

World of Buzz pada Jumat (2/4/2021) mewartakan, autopilot Tesla ini menyerah dengan kemacetan di Vietnam, tetapi tidak disebutkan di kota mana.

Tidak diketahui juga jenis mobil Tesla apa yang dikendarai si perekam video.

Baca juga: Video Viral Autopilot Tesla Menyerah Hadapi Macet di Vietnam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com