Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Philip Meninggal, Siapa Penerus Gelar Duke of Edinburgh?

Kompas.com - 10/04/2021, 07:50 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber Daily Mail

LONDON, KOMPAS.com - Pangeran Philip meninggal, membuat gelar Duke of Edinburgh harus diwariskan kepada penerusnya, yaitu Pangeran Edward. Namun ada protokol kerajaan yang harus dilalui.

Melansir Daily Mail pada Jumat (9/4/2021), Pangeran Edward akan meneruskan gelar Duke of Edinburgh hanya sampai Ratu Elizabeth II meninggal dan saudaranya Charles menjadi raja kerajaan.

Istana Buckingham memutuskan Edward yang akan menjadi penerus gelar ayahnya, setelah ia menikah dengan Sophie Rhys-Jones pada 199 dan mereka diberi gelar Earl dan Countess of Wessex.

Baca juga: Pangeran Philip Meninggal Dunia, Begini Tanggapan Harry dan Meghan

Jika menurut Letters Patent yang dikeluarkan ketika George VI memberikan gelar kepada Philip pada 1947, Pangeran Wales, putra tertuanya yang akan mewarisi gelar Duke of Edinburgh.

Namun dalam aksesi terakhir Charles tentang takhta, gelar bersama mahkota Duke of Edinburgh diberikan kepada Edward.

Baca juga: Pangeran Philip Meninggal Dunia, Trump, Biden, dan Obama Ikut Berduka

Keluarga setuju setelah pernikahan Edward pada 22 tahun yang lalu bahwa ia akan menjadi Duke of Edinburgh pada waktunya, saat kedua orangtuanya telah meninggal.

Keputusan untuk memberi Edward gelar tersebut diambil sebagai pengakuan atas karyanya dan komitmennya terhadap Penghargaan Duke of Edinburgh, di mana dia adalah wali serta ketua Penghargaan Internasional Duke of Edinburgh.

Baca juga: [Biografi Tokoh Dunia] Pangeran Philip, 7 Dekade Dampingi Ratu Elizabeth II

Istri Edward, Countess of Wessex, pada akhirnya juga akan menjadi Duchess of Edinburgh, gelar kehormatan yang saat ini dipegang oleh Ratu Elizabeth II.

Pangeran Philip adalah orang keenam yang menyandang gelar Duke of Edinburgh, yang pertama adalah cucu George I, Pangeran Frederick.

Baca juga: Masa Muda Pangeran Philip, Pria yang Mencurahkan Hidupnya agar Ratu Elizabeth II Bisa Bertakhta

George VI memberi Philip gelar Duke of Edinburgh, Earl of Merioneth dan Baron Greenwich di Peerage of the United Kingdom sesaat sebelum pernikahannya dengan Putri Elizabeth pada 20 November 1947.

Sementara, gelar tersebut pertama kali dibuat di Peerage of Great Britain pada 1726.

Baca juga: Pangeran Philip Wafat, Pangeran Harry Akan Pulang ke Inggris, Meghan Ikut?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com