Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap Seorang Profesor Inggris Tertipu Agen Rusia Palsu

Kompas.com - 27/03/2021, 13:45 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Editor

LONDON, KOMPAS.com - Seorang akademisi Inggris berkorespondensi selama beberapa bulan dengan seorang pria yang mengisyaratkan bahwa dia merupakan agen dari Rusia.

Akademisi itu berupaya untuk mendiskreditkan sebuah kelompok yang mengumpulkan bukti kejahatan perang di Suriah dan meminta bantuan agen palsu tersebut.

Profesor Paul McKeigue meminta "Ivan" untuk membantunya menemukan bukti bahwa direktur sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) bekerja untuk CIA.

Baca juga: Agen Rusia Tersangka Pelaku Pembunuhan Diadili di Berlin

Tanpa disadari, email dari sosok "Ivan" itu faktanya ditulis oleh seorang staf dari kelompok yang sesungguhnya sedang disasar oleh McKeigue, seperti yang dilansir dari BBC Indonesia pada Sabtu (27/3/2021). 

Profesor tersebut mengatakan dia tidak melakukan kesalahan apa pun.

Dia menambahkan bahwa dia tetap berpikiran terbuka tentang sosok sesungguhnya dari orang yang berkorespondesi dengannya.

McKeigue saat itu sedang mencoba menggali informasi tentang Komisi untuk Keadilan dan Akuntabilitas Internasional atau Cija, yang merupakan sebuah organisasi yang mengumpulkan dokumen pemerintah Suriah untuk pengadilan terhadap kejahatan perang.

Di tengah upayanya itu, dia mulai berkorespondensi melalui email dengan seseorang yang diklaim bernama "Ivan".

Dokumen Cija itu sedang digunakan sebagai bahan pengadilan kejahatan perang, dengan mantan perwira intelijen militer Suriah dituduh atas 4.000 dakwaan penyiksaan.

Baca juga: Bunuh Ilmuwan Nuklir Iran, 20 Agen Israel Habiskan 8 Bulan Perencanaan

McKeigue, seorang profesor dari Universitas Endinburgh, menginginkan informasi tentang seorang perempuan yang kemungkinan pernah melakukan hubungan seks dengan direktur Cija.

Profesor itu juga menanyakan apakah direktur tersebut adalah seorang pengguna kokain.

Selain itu, McKeigue juga meminta informasi tentang daftar akademisi dan jurnalis Inggris, termasuk dua orang yang bekerja untuk BBC, dan menyarankan kepada "Ivan" agar "kantor Anda mengawasi" seorang jurnalis yang bekerja untuk sebuah organisasi media Rusia.

McKeigue adalah seorang anggota dalam Kelompok Kerja untuk Suriah, Propaganda dan Media, yang merupakan perkumpulan akademisi Inggris dan peneliti independen.

Kelompok itu mengatakan yakin bahwa intelijen Inggris dan Amerika Serikat menggunakan media untuk menampilkan hal negatif terkait Suriah, demi mempersiapkan landasan bagi perubahan rezim.

Baca juga: Agen Rahasia Ini Tewas Tembak Dirinya Sendiri Saat Main Roulette Sambil Mabuk

Dia mengirimkan kepada "Ivan" sebuah draf laporan kritis terhadap Cija yang telah dia tulis bersama dengan dua anggota Kelompok Kerja lainnya, Profesor David Miller dari Universitas Bristol dan Piers Robinson, seorang mantan profesor di Universitas Sheffield.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com