Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Eutanasia dan Bunuh Diri dengan Bantuan, Bedanya Apa?

Kompas.com - 19/03/2021, 12:58 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber BBC

BERN, KOMPAS.com - Seorang memilih untuk mendapatkan bantuan untuk meninggal dahulu dari pada merasakan tahap akhir dari penyakit neuron motoriknya dengan menanggung rasa sakit.

Apakah kamu tahu ada praktik eutanasia dan bunuh diri dengan bantuan, yang sama-sama untuk membantu mengakhiri hidup orang lain? Tapi, apa bedanya? 

Baca juga: Spanyol Sahkan UU Eutanasia untuk Bantu Seseorang Mengakhiri Hidup

Eutanasia

Eutanasia adalah tindakan mengakhiri hidup dengan sengaja untuk menghilangkan penderitaan, contohnya suntikan mematikan yang diberikan oleh dokter, seperti yang dilansir dari BBC pada Jumat (19/3/2021). 

Belum lama ini pada Kamis (18/3/2021) di Spanyol mengesahkan UU eutanasia. 

UU itu mengizinkan orang dewasa dengan penyakit "serius dan tak tersembuhkan" yang menyebabkan "penderitaan tak tertahankan" untuk memilih mengakhiri hidupnya.

Pada 2020, Mahkamah Agung Inggris memutuskan bahwa izin hukum tidak lagi diperlukan untuk melakukan pengobatan kepada pasien dalam keadaan penyakit permanen.

Baca juga: Ingin Bunuh Diri Saat Hamil, Meghan: Kerajaan Khawatir Kulit Archie Gelap

NHS mengatakan menarik pengobatan yang menopang hidup dapat menjadi bagian dari perawatan paliatif yang baik dan tidak boleh disamakan dengan eutanasia.

Pada 2016, di Belanda di mana eutanasia legal, Mark Langedijk diberi perawatan yang mengakhiri hidupnya, setelah ia bertahun-tahun menderita dari alkoholisme, depresi, dan kegelisahan.

"Bagi saya sangat penting untuk memastikan bahwa semua orang tahu kami melakukan segalanya dan beberapa orang tidak dapat disembuhkan," kata saudara Langedijk, Marcel kepada BBC.

Bunuh diri dengan bantuan

Membantu orang lain untuk bunuh diri dengan sengaja dikenal sebagai bunuh diri dengan bantuan.

Tindakan ini dapat mencakup memberi seseorang dengan obat penenang untuk mengakhiri hidupnya atau membelikan mereka tiket ke Swiss, di mana bunuh diri dengan bantuan legal.

Di Inggris dan Wales, mendorong atau membantu orang untuk bunuh diri adalah ilegal.
Mereka yang dinyatakan bersalah dapat menghadapi hukuman 14 tahun penjara. Hukum serupa juga ada di Irlandia Utara.

Tidak jarang polisi mewawancarai kerabat setelah orang yang dicintai mengakhiri hidup mereka di Dignitas, organisasi yang menyediakan bantuan atau pendampingan bunuh diri.
Di Skotlandia tidak ada pelanggaran khusus untuk bunuh diri yang dibantu.

Namun, mereka yang benar-benar membantu seseorang untuk mati dapat dituntut dengan pelanggaran umum, seperti pembunuhan yang dapat disalahkan, atau bahaya yang sembrono.

Baca juga: Alat Kelaminnya Bengkak Saat Dibesarkan lewat Operasi, Seorang Koki Bunuh Diri

Bantuan kematian saat sekarat

Berbeda dengan eutanasia dan bunuh diri dengan bantuan, kematian dengan bantuan hanya berlaku untuk orang yang sakit parah.

Halaman:
Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com